Honda

Jaringan Interkoneksi Listrik Kendari-Sulsel Diuji, PLN: Pemadaman Bisa Terjadi

Pemprov Sultra Bakal Bangun PLTMH di Kolono Timur
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT PLN (Persero) saat ini tengah melakukan uji coba paralel transmisi line 150 kilo volt (KV) sistem Kendari dan sistem Sulawesi Selatan (Sulsel). Kondisi ini kemungkinan akan menyebabkan pemadaman listrik di sejumlah wilayah mulai hari ini dan besok, Kamis (19/9/2019).

Manager Bagian Jaringan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kendari, Muhammad Minggus mengatakan, dilakukannya uji coba ini ada dua kemungkinan bisa terjadi.

Apabila proses uji coba paralelnya tidak menemui kendala atau berhasil maka listrik padam tidak akan terjadi, namun jika terdapat trouble (masalah) dalam prosesnya sinkronisasinya, listrik di sejumlah kabupaten bakal padam.

iklan zonasultra

Daerah yang bakal terkena dampak yakni Kolaka Utara (Kolut), Kolaka, Kolaka Timur (Koltim), Konawe, Konawe Selatan (Konsel), dan Konawe Utara (Konut) serta sebagian wilayah Kota Kendari.

“Banyak faktor yang bisa menyebabkan padam, tapi sejauh ini kita berusaha melakukan yang terbaik agar tidak padam mohon doanya, dan jam padamnya juga kita tidak bisa tentukan,” kata Minggus saat dihubungi, Rabu (18/9/2019).

Pihaknya menargetkan apabila proses paralel sistem listrik ini berjalan lancar, diperkirakan sistem Kendari (Sultra) dan Sulsel bisa terkoneksi pada Oktober 2019 nanti.

Terkoneksinya kedua sistem ini akan memberikan manfaat terhadap pelayanan yang lebih maksimal kepada pelanggan. Misalnya, ketika suatu saat sistem Kendari sedang mengalami defisit daya 5 MW dan mengharuskan adanya jadwal pemadaman bergilir. Dengan terkoneksinya sistem paralel tersebut, sistem Sulsel bisa membackup sistem Kendari sebesar defisit itu sehingga listrik padam tidak akan terjadi.

“Iya ini kan paralel saling melengkapi, antara kedua sistem ini, sehingga sistem listrik kita bisa lebih handal,” ujarnya.

Saat ini kemampuan daya listrik sistem Kendari sebesar 161 MW dengan posisi beban puncak terakhir 117 MW. Artinya kondisi listrik masih surplus sekitar 55 MW.

Minggus berharap, dengan adanya uji coba ini masyarakat terutama pelanggan PLN diminta untuk memahami kegiatan tersebut. Pasalnya, kesukseskan uji coba sistem paralel Kendari dan Sulsel akan berdampak pada kehandalan pelayanan kelistrikan di Sultra. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib