iklan zonasultra

Jelajah Saponda Laut, Pulau Tak Berpenduduk di Konawe

Jelajah Saponda Laut, Pulau Tak Berpenduduk di Konawe
SAPONDA LAUT - Pulau Saponda Laut merupakan salah satu pulau yang berada di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Jarak dari Toronipa kurang lebih 15 mil dengan waktu tempuh 1 jam. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Saponda Laut merupakan salah satu pulau yang berada di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra). Pulau ini tidak memiliki penduduk, namun ditinggali oleh sejumlah nelayan dari Desa Saponda Darat, Desa Bajo, Desa Mekar dan desa lainnya di Tanjung Toronipa.

Tim redaksi zonasultra berkesempatan untuk menelusuri pulau tersebut, Sabtu (28/12/2019). Untuk sampai ke Pulau Saponda Laut Anda dapat menggunakan kapal nelayan di Kecamatan Soropia dengan biaya sewa kapal mulai dari Rp1 juta hingga Rp1,5 juta pulang pergi (PP), tergantung kapasitas penumpangnya.

Baca Juga : Temukan Nemo dan Lion Fish di Perairan Pulau Saponda Laut

Di Pulau ini Anda dapat menikmati spot bawah laut yang cukup aman karena jauh dari palung. Jarak garis pantai ke palung pun sekitar 50 meter, sehingga sepanjang itu Anda dapat snorkling untuk melihat keindahan karang di sekitar pulau Saponda Laut. Tapi, Anda harus tetap berhati-hati karena arus ombak di Pulau cukup kuat karena berada di kawasan laut lepas yakni Laut Banda.

Pasir putih dengan air laut yang jernih menampakkan jelas degradasi birunya laut sehingga menambah keindahan pulau ini. Sekeliling pulau juga ditumbuhi berbagai jenis tanaman pohon, didominasi pinus yang berukuran cukup besar.

Terdapat rumah nelayan di bagian belakang pulau Saponda Laut, jumlahnya kurang lebih 20 rumah singgah nelayan. Salah satu warga Kecamatan Soropia Herman (49) yang juga mengantar tim redaksi zonasultra mengatakan bahwa saat ini musim sedang teduh sehingga banyak nelayan yang masih tinggal di sana. Namun, saat musim timur semuanya kembali ke desanya masing-masing.

“Ini juga agak kurang mas karena mau tahun baru mereka beberapa pulang ke desa,” katanya.

Selain tumbuhan, di Pulau Saponda Laut juga dihuni binatang kambing yang menjadi peliharaan nelayan dan sengaja dibawa dari Soropia.

Jarak Saponda Laut dari Toronipa kurang lebih 15 mil dengan waktu tempuh 80 menit. Sampai saat ini belum dilakukan perhitungan berapa luas pulau tersebut namun panjang pulau Saponda Laut dari depan ke belakang sekitar 1 km.

Herman juga menambahkan Saponda Laut mulai ramai ditinggali nelayan kurang lebih dua tahun terkahir atau sejak 2017 lalu. Sayangya, pemerintah setempat belum memiliki perhatian khusus terhadap pulau ini sehingga belum termanfaatkan dengan baik sebagai tempat destinasi wisata.

Baca Juga : Pulau Hari, Wisata Bahari dengan Surga Bawah Lautnya

“Kami di Soropia ini sudah ada 9 titik kami siapakan penyeberangan untuk ke tempat wisata pulau pulau yang ada disini mulai dari Bokori, Saponda, Hari hingga ke Labengki,” ujarnya.

Untuk diketahui dari Pulau Saponda Laut kita dapat melihat Pulau Labengki, Konawe Utara (Konut), Pulau Wawonii, Konawe Kepulauan (Konkep) dan Pualu Menui, Sulawesi Tengah (Sulteng).(b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib