iklan zonasultra

Jelang Kongres, PAN Sultra Tak Bulat Dukung Zulhas

Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sehari jelang kongres Partai Amanat Nasional (PAN), peta politik dukungan untuk calon ketua umum mulai terlihat. Salah satunya adalah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Harian DPW PAN Sultra Kery Saiful Konggoasa mengungkapkan kader PAN Sultra tidak bulat mendukung Zulkifli Hasan (Zulhas). Pernyataan Kery ini seakan membatah klaim yang dilontarkan oleh Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Shaleh.

Abdurrahman Shaleh mengklaim bahwa PAN Sultra bulat mendukung Zulhas kembali memimpin partai berlambang matahari terbit itu untuk lima tahun ke depan. Dukungan kepada Zulhas kata dia, merupakan aspirasi dari seluruh DPD di Sultra.

iklan zonasultra

Kery mengatakan, ada beberapa DPD yang tidak mendukung Zulhas, salah satunya DPD PAN Konawe. Kata dia, DPD PAN Konawe tunduk dengan apa yang dikatakan oleh pendiri PAN Amin Rais. Amin Rais sendiri di kongres PAN mendukung calon ketua umum (caketum) Mulfachri Harahap.

(Baca Juga : Kongres PAN, Pendukung Zulhas Ingin Aklamasi, Kubu Mulfachri: Jangan Berlebihan)

“Yang jelas ada beberapa DPD yang mendukung Mulfachri, selain DPD PAN Konawe, hanya saja saya tidak mau bilang. Yang jelas PAN Konawe mendukung apa yang dibilang Amin Rais,” kata Kery saat ditemui di Hotel Claro Kendari, Sabtu (8/2/2020) malam.

Bupati Konawe ini menjelaskan dalam tradisi PAN sejak kongres ke-1 tahun 1998 sampai kongres ke-IV tahun 2015, ketua umum partai hanya menjabat satu periode. Itu dilakukan untuk menajamkan menajemen dalam tubuh partai.

“Semua yang memimpin PAN berhasil. Sekarang banyak kader yang ingin perubahan, bukan jengkel Zulhas, tapi dinamika yang ada di PAN sudah begitu. Jadi kalau ada kader yang menginginkan Zulhas dua periode, patut dipertanyakan kekaderannya,” ujar Kery.

(Baca Juga : PAN Sultra Dukung Zulkifli Hasan Kembali Jadi Ketua Umum)

Sementara itu, Ketua DPD PAN Buton Laode Rafiun mengaku, belum menentukan sikap terkait pilihannya di kongres PAN. Menurutnya siapapun yang akan mencalonkan diri sebagai ketua umum merupakan kader terbaik PAN yang nantinya akan dipilih semua ketua DPD di Indonesia.

“Semua calon pastinya kader terbaik dari PAN, untuk pilihannya nanti saat kongres,”ujar Rafiun saat dihubungi zonasultra.com, Minggu (9/2/2020).

Kongres PAN ke-V diadakan di Kendari pada 10-12 Februari 2020. Salah satu agenda utama adalah memilih ketua umum. Ada empat orang kandidat yang akan bersaing. Mereka adalah Zulkifli Hasan yang merupakan calon incumbent, mantan MenPAN RB Asman Abnur, anggota DPR RI Mulfachri Harahap, dan Ekonom yang juga mantan anggota DPR RI periode 2004-2009 Dradjad Wibowo.

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor Rosnia
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib