iklan zonasultra

iklan zonasultra

Jelang Lebaran, BI Sultra Salurkan Uang Melebihi Prediksi

Jelang Lebaran, BI Sultra Salurkan Uang Melebihi Prediksi
BI SULTRA - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) saat menggelar konferensi pers, Jumat (8/6/2018). (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2018 ini, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyalurkan uang kartal di luar prediksi.

Kepala KPw BI Sultra Minot Purwahono sebelumnya mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan uang di masyarakat selama bulan Ramadan dan lebaran sebanyak Rp1,4 triliun. Namun sebelum penutupan pelayanan BI Sultra per 8 Juni 2018, jumlah uang yang dikeluarkan BI sebanyak Rp1,7 triliun.

Sementara itu, dua hari sebelum hari terakhir pelayanan perbankan BI mencatat Rp900 miliar telah didistribusikan ke pihak perbankan dan masyarakat, sehingga diprediksi uang yang keluar mencapai sekitar Rp1,2 triliun.

Namun akibat libur panjang, terjadi peningkatan aktivitas transaksi keuangan dari pemindahan buku, pencairan dana desa dan pencarian dana bos dan penarikan tunai sehingga angkanya naik di luar prediksi.

“Meski lebih dari yang direncanakan, bisa kita penuhi kok dan kita masih punya stok uang,” ungkap Minot dalam acara konferensi pers, Jumat (8/6/2018).

(Baca Juga : BI Sultra Jamin Tak Ada Kekosongan Uang di ATM Selama Libur Lebaran)

Berdasarkan pencatatan akhir BI Sultra tercatat uang keluar (outflow) sebesar Rp1,7 triliun sedangkan uang masuk (inflow) sebesar Rp402 miliar.

Dengan data arus kas BI yakni perbankan out flownya mencapai Rp1,2 triliun dan inflownya Rp264 miliar. Kemudian non bank out flownya Rp1,1 miliar.

Selanjutnya, penukaran langsung oleh masyarakat Rp1,6 miliar, kas keliling Rp9,4 miliar serta kas titipan BI out flownya Rp514 miliar dan inflownya Rp126 miliar. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib