iklan zonasultra

iklan zonasultra

Jelang Lebaran, Disperindag Sultra Gelar Pasar Murah

Jelang Lebaran, Disperindag Sultra Gelar Pasar Murah
PASAR MURAH - Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pasar murah, bagi masyarakat Kota Kendari, Rabu (6/6/2018). (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pasar murah, bagi masyarakat Kota Kendari, Rabu (6/6/2018). Pasar murah yang dilaksanakan di Lapangan Benu-benua, Kelurahan Benu-benua Kota Kendari dilaksanakan, dihadiri oleh Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi serta Kapolda Sultra dan sejumlah Forkopimda.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sultra Sitti Saleha menjelaskan, pasar murah yang digelar pihaknya guna menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau bagi warga jelang hari raya lebaran.

“Karena di momen lebaran seperti ini, sering kali di ikuti dengan kenaikan harga bahan pokok. Makanya kita buat pasar murah, dengan harga murah,” terangnya.

Pasar murah ini pun, lanjutnya, akan di gelar selama empat hari kedepan terhitung sejak 6 Juni hingga 9 Juni 2018. Yang akan dibuka mulai pukul 06.00 Wita hingga 15.00 Wita. Denagan menyediakan bahan pokok yang harganya cendrung fluktuasi dan meningkat jelang lebaran seperti gula pasir, telur, susu, margarin, minuman dan lainnya.

Selain itu, sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap warga, bekerja sama dengan sekitar 21 OPD, BUMN dan Perbankan, Disperindag juga menyediakan voucer belanja senilai Rp50 ribu bagi warga yang kurang mampu.

Ditempat yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Teguh Setyabudi mengaku senang dengan adanya pasar murah bagi warga. Terlebih pasar murah tersebut dilaksanakan, jelang hari raya lebaran.

“Mudah-mudahan dengan adanya pasar murah ini, masyarakat terbantu dan dapat memenuhi kebutuhan pokonya saat lebaran. Dan kita juga berharap harga hingga lebaran tidak melebihan Harga Eceran Tertinggi (HET),” harapnya.

Sebelumnya, Disperindag Sultra juga telah melaksanakan pasar murah murah di Kemacamatan Puuwatu pada 26 Mei hingga 27 Mei 2018 serta di Kecamatan Poasia pada 2 Juni hingga 3 Juni 2018. Dari hasil transaksi pada tahap pertama pasar murah, mencapai Rp161.242 .000.

Selain itu, HET beberapa bahan pokok seperti beras medium Rp9.450/kg dan beras premium Rp12.800/kg. Sedangkan gula pasir putih kristal Rp12.500/kg, minyak goreng curah Rp10.500/liter, minyak goreng kemasan seserhana Rp11.000/liter dan daging beku Rp80 ribu/kg. Pasar murah kali ini pun, Disperindag menyediakan beras sebanyak 5000 ton, terigu 600 ton, minyak 2000 ton dan gula 650 ton. (B)

 


Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib