iklan zonasultra

iklan zonasultra

Jelang Lebaran, Harga Sembako di Buton Stabil

Kepala Dinas Perdagangan Buton melalui Kepala Seksi Kemetrologian Hayrun Hanafi
Hayrun Hanafi

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Menjelang perayaan lebaran Idul Fitri tahun ini, harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) masih stabil. Hal ini terliahat dari pantauan di dua pasar di daerah itu, yakni pasar Sabho dan Kaloko.

Kepala Dinas Perdagangan Buton melalui Kepala Seksi Kemetrologian Hayrun Hanafi menjelaskan, walaupun saat ini harga masih stabil, namun ada juga yang mengalami kenaikan seperti bawang putih, merah, cabai keriting dan cabai merah besar.

“Namun itu, belum naik secara signifikan yaitu masih terjangkau kisaran Rp 3 ribu sampai Rp 4 ribu per kilonya,” kata Hayrun, Rabu (30/5/2018).

Selain itu, harga telur ayam juga melonjak naik hingga Rp. 10 ribu per raknya. Dimana sebelumnya kisaran Rp 42 ribu, kini menjadi Rp 52 ribu per rak.

Sementara harga Sembako yang masih stabil diantaranya adalah minyak goreng, gula pasir, terigu, gula merah, wortel dan kentang. Akan tetapi, Hayrun memprediksi harga sejumlah kebuthan itu juga akan naik pada H-3 sampai H-1 lebaran nanti.

(Baca Juga : Jelang Ramadhan, Harga Sembako di Muna Naik 100 Persen)

“Tetapi saya optimis, kenaikan tersebut masih terjangkau. Karena dilihat dari stok barang untuk kita di wilayah Buton masih aman. Paling-paling naik kisaran Rp. 4 ribu sampai Rp 5 ribu saja,” jelasnya.

Perubahan harga itu kata dia bisa terjadi menjelang perayaan lebaran. Namun dia memastikan, stok barang di daerah itu masih aman, karena suplaynnya juga kebanyakanya dari Makasar dan pulau Jawa. (B)

 


Reporter : Nanang
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib