Honda

Jelang Mudik, Dinkes Sultra Bakal Periksa Kesehatan Sopir

Kepala Dinkes Sultra Asrun Tombili
Asrun Tombili

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Jelang mudik lebaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sopir yang ada di terminal Baruga dan terminal Puwatu.

Kepala Dinkes Sultra Asrun Tombili
Asrun Tombili

Kepala Dinkes Sultra Asrun Tombili mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan dengan tujuan mengurangi resiko kecelakaan berkaitan dengan kondisi kesehatan sopir.

“Jadi semua sopir yang ada di terminal itu, kami akan periksa. Jadi kita pantau semua kendaraan-kendaraan yang datang di terminal, terutama jurusan luar kota. Misalnya Kendari – Kolaka, kita tanya sopirnya yang mana, sini dulu kita periksa,” kata Asrun saat ditemui usai melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPRD Sultra di Gedung Sekretariat DPRD, Selasa (6/6/2017) siang.

iklan zonasultra

Dijelaskan, pemeriksaan kesehatan terhadap sopir adalah masalah tekanan darah. Pemeriksaan itu dilakukan di pos kesehatan yang akan disiapkan di terminal Baruga dan Puwatu. Pemeriksaan kesehatan ini mulai dilakukan dari H-7 hingga H+7 lebaran.

Ia mengatakan, apabila sopir yang diperiksa ternyata tidak memenuhi syarat, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka pihaknya akan melarang sopir tersebut membawa kendaraan dan akan diganti dengan sopir yang lain.

“Keselamatan penumpang kita sangat kedepankan. Oleh karena itu, kalau kondisi sopir kurang sehat, maka kami minta jangan bawa kendaraan,” tukasnya. (B)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib