iklan zonasultra

Jelang Pemilu, Penerbitan Dokumen Kependudukan di Konsel Meningkat

Kepala Seksi (Kasi) Pendaftaran Penduduk Disduk Capil Konsel Sudirman
Sudirman

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO-Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) digelar 17 April mendatang, pencetakan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara meningkat hingga dua kali lipat.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Pendaftaran Penduduk Disduk Capil Konsel Sudirman kepada awak media ini, Kamis (11/4/2019).

Pria yang kerap di sapa Sudi itu menjelaskan, arus pendaftaran penerbitan berbagai jenis dokumen kependudukan tak seperti biasanya. Kalau pada hari-hari biasanya, cetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) hanya 100 keping per hari, namun kali ini bisa mencapai 200 keping setiap harinya.

iklan zonasultra

(Baca Juga : Sepekan Jelang Pemilu, Peredaran Uang di Sultra Mencapai Rp312 Miliar)

Hal yang sama juga terlihat pada cetakan Kartu Kelurga. Sebelumnya, pihaknya hanya biasa mencetak 100 lembar KK, namun jelang moment Pemilu saat ini, mereka bahkan bisa mencetak hingga 300an lembar per hari, diikuti Akta Kelahiran yang juga mencapai ratusan lembar.

“Sangat meningkat derastis, kalau hari biasa itu rata-rata kita hanya melayani sampai ratusan. untuk setiap dokumen kependudukan,” Kata Sudi.

Tingginya permintaan layanan itu, membuat pihaknya harus menambah jam kerja hingga hari Sabtu dan Minggu untuk melakukan perekaman e-KTP. Ini juga sudah menjadi penekanan dari pemerintah pusat. (B)

 


Reporter: Erik Ari Prabowo
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib