iklan zonasultra

iklan zonasultra

Jelang Pilkada Konawe, Perekaman KTP Elekronik Tuntas Tahun Ini

Kepala Disdukcapil Konawe, Abdul Rais
Abdul Rais

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mempercepat perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Sebab, salah satu syarat di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Konawe 2018 nanti, para pemilih harus memiliki KTP-el.

Kepala Disdukcapil Konawe, Abdul Rais
Abdul Rais

Kepala Disdukcapil Konawe, Abdul Rais mengatakan, pihaknya terus berupaya memenuhi target 100 persen warga wajib memiliki identitas untuk melakukan perekaman KTP-el. Hingga saat ini sudah ada sekitar 90 persen dari warga wajib KTP di Konawe yang telah melakukan perekaman.

“Mudah-mudahan sebelum tahun 2018 nanti angka perekaman sudah mencapai 100 persen. Dan ini sudah kita targetkan agar rampung di penghujung tahun ini, karena tinggal 7 persen lagi warga yang belum melakukan perekaman KTP-el,” jelas Abdul Rais, Selasa (31/10/2017).

Dikatakan Rais, untuk memenuhi target perekaman, pihaknya menggunakan metode jemput bola untuk mempermudah masyarakat Konawe melakukan perekaman. Selain itu, disdukcapil juga memasang 5 titik perekaman di kecamatan.

“Sistem jemput bola ini terbilang efektif, mengingat masyarakat Konawe memiliki akses yang cukup sulit jika harus mendatangi kantor disdukcapil langsung. Tidak hanya perekaman KTP-el, dalam sistem jemput bola itu, kita juga langsung membuat akta kelahiran dan kartu keluarga (KK), karena syarat perekaman warga terlebih dahulu memiliki KK,” ujarnya. (B)

 

Reporter: Dedi Finafiskar
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib