iklan zonasultra

Jenazah Jakub Silondae Dimakamkan di TPU Punggolaka dengan Upacara Militer

Mantan Wagub dan Pejuang Sultra Jakub Silondae Wafat
JAKUB SILONDAE - Jenazah Almarhum Jakub Silondae yang disemayamkan di rumah duka sekitar pukul 09.43 WITA, Kamis (17/1/2019) di Jalan Balai Kota III. ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Jenazah Jakub Silondae akan dimakamkan dengan upacara militer, Kamis (17/1/2019) di TPU Punggolaka selepas salat ashar.

Yusran Silondae anak kedua almarhum mengatakan, rencana awal sang ayah bakal dimakamkan di Pemakaman Pahlawan Watubangga, Baruga, Kendari. Namun, karena Jakub Silondae meminta agar dimakamkan bersama keluarganya di TPU Punggolaka.

iklan zonasultra

Semasa hidupnya Jakub Silonde aktif dalam perjuangan kemerdekaan RI, dan mendapatkan penghargaan bintang legiun veteran RI dengan tanda jasa pahlawan perjuangan gerilya membela kemerdekaan negara proklamasi 17 Agustus 1945 oleh Presiden Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI Soekarno pada tanggal 10 November 1958.

Serta atas permintaan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulawesi Tenggara agar beliau dimakamkan dengan upacara militer.

“Kita sudah koordiansi dengan KODIM 1417 Kendari sebentar akan dilakukan upacara pemakaman militer,” kata Yusran Silondae di kediamannya ayahnya, Kamis (17/1/2019).

Prosesi pemakaman akan dimulai dengan tausiah, kemudian sambutan dari perwakilan keluarga oleh Wakil Gubenrur Sultra Lukman Abunawas, selanjutnya acara pelepasan jenazah dari pihak keluarga ke KODIM 1417 Kendari oleh Gubernur Sultra Ali Mazi. Setelah itu, dikebumikan secara militer oleh KODIM 1417 Kendari di TPU Punggolaka.

Untuk diketahui, Jakub Silondae tutup usia, pada Rabu (16/1/2019). Berdasarkan informasi yang dihimpun almarhum mengembuskan nafas terakhirnya pada pukul 23.15 WITA pada usia 92 tahun di RS Bhayangkara Kendari.

Yusran pun mengatakan jika ayahnya tidak mengidap penyakit yang serius, hanya saja diagnosa diagnosa dokter akibat faktor usia yang membuat kesehatan Jakub Silondae mulai menurun.

“Keluar masuk rumah sakit juga beliau, tapi tidak ada penyakit serius, hanya faktor umur saja. Terakhir beliau masih bisa jalan dan beraktivitas,” pungkasnya. (a)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib