Tampilan Desktop



Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Jaga Inflasi, Ini Kata Bupati Muna dan Konsel
454 Dibaca

Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Jaga Inflasi, Ini Kata Bupati Muna dan Konsel RAKORNAS PENGADILAN INFLASI – Presiden RI Joko Widodo(Jokowi) membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengenalian Inflasi Tahun 2017 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (27/7/2017). Kegiatan itu dihadiri oleh seluhu kepala daerah di Indonesia. (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga dan Bupati Muna, LM Rusman Emba provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjamin, inflasi di daerahnya hingga saat ini masih dapat teratasi dengan baik.

Pernyataan kedua bupati itu dikemukakan menyusul adanya instruksi langsung dari presiden Joko Widodo yang mewajibkan semua bupati dan walikota untuk mengendalikan tingkat inflasi di daerahnya masing-masing.

Instruksi Jokowi itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2017 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Menurut Jokowi, meskipun pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan, hal itu akan sia-sia jika angka inflasi tidak dikendalikan.

“Percuma kalau pertumbuhan ekonomi kita 6 persen, tapi inflasinya 9 persen, bahkan 10 persen. Rakyat tekor. Rakyat jadi sulit sekali menjangkau barang-barang kebutuhan mereka,” kata

Jokowi mengatakan bahwa beberapa daerah masih menganggap remeh angka inflasi di daerahnya. Oleh sebab itu pihaknya menegaskan Bupati dan Walikota harus bisa mengendalikan inflasi demi kesejahteraan rakyat.

Surunuddin Dangga dan Rusman Emba yang juga hadir dalam acara itu mengaku masih bisa mengendalikan inflasi di daerahnya masing-masing.

“Konsel kan daerah produksi, jadi hampir tidak ada masalah beras ada, semua ada, sapi banyak. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, hanya kita harus jaga produksi,” ujar Surunuddin saat dikonfirmasi.

Sesuai arahan Presiden, pihaknya akan serius dalam mengendalikan inflasi serta menggunakan APBD dengan baik. Ia berpendapat menjaga produksi bahan-bahan pokok makanan sehingga harga bisa dikendalikan dan masyaarakat bisa mendapatkan harga yang baik.

Begitu juga dengan Rusman Emba. Kata dia, stabilitas harga di Kabupaten Muna masih tergolong aman.

“Saya kira masih dalam standar, kami masih terus memantau. Kalaupun ada barang tidak sesuai dengan pasar tentu kami menindaklanjuti. Di Sultra khususnya muna masih stabil,” terang Rusman Emba.

Sementara itu Kota Baubau masuk dalam empat besar nominasi daerah dengan tingkat inflasi terendah di seluruh Indonesia. (A)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Abdul Saban

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com