iklan zonasultra

Jurnalis Ini Pimpin DPC HPI Kendari

PELANTIKAN - Plt Kabid Destinasi Pariwosara dan Budaya Kota Kendari La Ode Darmawan saat membacakan sumpah pelantikan pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Kota Kendari periode 2018-2023, Kamis (30/8/2018). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Kota Kendari resmi dikukuhkan oleh Pemerintah Kota Kendari berdasarkan surat keputusan (SK) Dewan Pimpinan Daerah HPI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (30/8/2018) di Hotel Putri Wisata.

SK dengan nomor 8/SK.DPD.HPI-SULTRA/VIII/2018 menetapkan susunan Dewan Pengurus Cabang (DPC) HPI Kota Kendari periode 2018-2023. Pembina ditangani langsung oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir. Sementara itu, Ketua DPC HPI Kota Kendari Ahmad Nizar yang merupakan jurnalis aktif di Kendari, Sekretaris diamanahkan kepada Sungatman, dengan empat koordinator bidang yakni bidang Organisasi, bidang Humas bidang HRD dan bidang Kesra.

Pelantikan pengurusan HPI Cabang Kota Kendari dilakukan oleh Plt Kabid Destinasi Pariwisata dan Budaya Kota Kendari La Ode Darmawan. Ia mengatakan, pengembangan wisata kota merupakan bagian dari perhatian pemerintah saat ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui bidang pariwisata. Sehingga, segala bentuk kemitraan yang dapat mengembangkan potensi wisata lokal akan didukung penuh oleh pemerintah.

iklan zonasultra

“Saya berharap, HPI Kota Kendari dapat bekerja maksimal untuk meningkatkan pariwisata kota Kendari,” ungkap La Ode Darmawan.

Sementara itu, Ketua Pengurus DPC HPI Kota Kendari Ahmad Nizar mengatakan, salah satu program utama yang akan dikembangkan dalam masa kerja kedepan adalah mengembangkan aplikasi tourism Kendari berbasis teknologi. Aplikasi ini nantinya dapat diunduh melalui Googleplay Store.

Untuk mengambangkan hal tersebut, ia berharap ada sinergitas yang baik antara HPI Kota Kendari dengan berbagai stakeholder mulai dari pemerintah kota, kabupaten, provinsi, pelaku usaha, media serta komunitas milenia yang memiliki kecintaan terhadap pengembangan wisata di Sultra.

Pengembangan aplikasi ini seiring dengan salah satu tujuan terbentuknya HPI Kota Kendari, yakni mewujudkan pariwisata kota berbasis digital, sehingga seluruh wisatawan yang ada di dunia dapat mengetahui apa saja yang bisa dinikmati jika berkunjung di Kota Kendari beserta hitungan budget yang harus ia habiskan.

“Kita tidak dapat lepas dari digitalisasi, sehingga wisata juga harus dapat digitalisasi agar perkembangannya bisa masif di masyarakat. Apalagi di jaman media sosial,” tukasnya.

Saat ini di Sultra baru ada 8 DPC HPI yang sudah dikukuhkan yakni HPI Kolaka Utara (Kolut), HPI Buton Utara (Butur), HPI Buton, HPI Wakatobi, HPI Baubau, HPI Buton Tengah (Buteng), HPI Kendari dan HPI Muna. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib