iklan zonasultra

iklan zonasultra

Jurus Jitu Jalani Ramadan dengan Hati Riang Meski Jomblo

88
Jurus Jitu Jalani Ramadan dengan Hati Riang Meski Jomblo

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Kedatangan bulan suci Ramadan pasti sangat dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Indonesia termasuk negara yang ramai saat menyambut Ramadan, mulai dari tradisi, kuliner maupun acara buka bersama.

Meski Ramadan datang setiap tahun namun nuansanya tidak selalu sama. Apalagi bagi seseorang yang baru menikah pasti memiliki pengalaman baru dalam menjalani bulan Ramadhan.

Lantas bagaiman nasib jomblo menjalani bulan suci itu dengan hati riang tanpa galau? Begini tips dan triknya:

1. Puasa Bagi Orang Beriman

Dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Jelas bahwa disampaikan kepada orang-orang yang beriman entah itu jomblo atau sudah menikah untuk berpuasa agar bertaqwa. Oleh sebab itu tidak ada alasan bagi jomblo untuk tidak semangat menjalani puasa di bulan Ramadan.

2. Memperbanyak Amal Ibadah

Bulan puasa adalah momen yang tepat untuk memperbanyak amal ibadah. Sebab amal perbuatan lah yang nantinya akan menemani di alam kubur. So, bagi kaum jomblo berhentilah menggalau dan persiapkan bekal akhiratmu. Apalagi banyak keutamaan di bulan Ramadan termasuk dilipatgandakan pahala amal saleh.

Sebagai mana hadis yang diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik ra. “Yang mengikuti mayit ke kuburnya ada tiga, lalu dua kembali dan yang tinggal bersamanya hanya satu; yang mengikutinya adalah keluarganya, hartanya dan amalnya, lalu kembali keluarga dan hartanya, dan yang tinggal hanya amalnya.”

3. Berdoa Kepada Allah

Bagi jomblo-jomblo yang belum bertemu jodohnya, waktunya mendekatkan diri kepada Allah. Mintalah kepada-Nya agar dipertemukan dengan jodoh yang baik.

Seperti yang tercantum dalam QS. Al-Baqarah: 186) “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Ada tiga waktu utama terkabulnya doa di bulan Ramadan yakni waktu sahur, saat berpuasa dan ketika berbuka puasa. Nah, berdoalah agar jodoh segera tiba.

4. Memaafkan Sesama dan Sabar

Di bulan Ramadan ini umat Islam saling berbagi dan memaafkan. Bagi yang belum bisa memaafkan mantan apalagi setelah ditinggal pas lagi sayang-sayangnya, bulan puasa ini waktu yang tepat untuk belajar ikhlas dan memaafkan.

Untuk para jomblo juga tidak usah gusar melihat update status teman “Tahun pertama Ramadan bersama suami” atau “Ramadan tahun ini tidak sendiri”. Bersabarlah, Inshaallah akan diberikan yang terbaik jika kita terus memperbaiki diri. Akan ada balasan bagi orang-orang yang sabar.

5. Belajar Agama Lebih Giat

Selain meningkatkan iman, bulan Ramadan sangat pas untuk lebih giat belajar agama. Menjadi imam yang baik juga harus diikuti dengan pengetahuan agama yang benar. Sementara bagi seorang perempuan juga harus memiliki pengetahuan agama yang baik. Sebab nantinya, sang ibu lah tempat madrasah bagi anak-anaknya.

Nah, semangat dong menjalani bulan puasa. Jalani dengan ikhlas dan hati riang serta manfaatkan waktu dengan baik. Inshaallah kita akan mencapai kemenangan. (B)

 


Penulis : Rizki Arifiani
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib