Honda

Kabid Komunikasi Kominfo Konut Terpilih Jadi Ketum Tarung Derajat

Ketua Umum (Ketum) bela diri Tarung drajat wilayah Kabupaten Konawe Utara Ilham
Ilham

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU-Dewan pimpinan pengurus bela diri tarung derajat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), resmi menetapkan Ilham sebagai Ketua Umum (Ketum) bela diri Tarung drajat wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut) periode 2019-2024.

Ilham yang dikonfirmasi awak media Zonasultra.com membenarkan hal tersebut. Dikatakan, amanah yang diberikan merupakan motivasi untuk mendorong kemajuan daerah Bumi Oheo itu di bidang seni bela diri. Serta, menciptakan generasi penerus yang memiliki kualitas juga keahlian yang menjadi kebanggaan daerah.

“Kepercayaan yang diberikan kepada saya memimpin bela diri tarung derajat menjadi salah satu kebanggaan daerah Konut. Ini menjadi peluang kita dan generasi kita memajukan dunia seni dan olah raga semakin baik lagi,”kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Konut ini via telefon, Senin (16/9/2019).

iklan zonasultra

Diungkapkan Ilham, dalam proses pengelolaan bela diri yang dideklarasikan pada 18 juli 1972 itu, pihaknya bekerjasama dengan tim dari TNI sebagai instruktur ahli bidang tehnik bela diri tarung derajat. Anggota beserta muridnya, melibatkan langsung masyarakat lokal Konut.

“Atlet bela diri tarung derajat telah kami persiapkan dengan matang oleh pengurus cabang keluarga besar tarung derajat Konut. Serta secara bertahap mempersiapkan fasilitas sarana dan prasarananya,”terangnya.

Dia menjelaskan,bela diri yang dipimpinnya itu juga dipastikan akan mengambil peran dalam laga pada Pekan Olah Raga Provonsi (Porprov) yang akan dihelat pada 2020 nanti. Tampil perdana dengan perisapan yang matang dan maksimal pihaknya optimis mampu meraih medali emas.

(Baca Juga : 98 Pecatur Bertarung di Kejurprov Sultra)

“Kami sudah persipkan atlet terbaik sekitar 25 orang. Ini yang terus kami bina dan asah kemampuannya melalui pelatih profesional dari TNI yaitu Sersan Dua Susilo Waskito. Kami optimis bela diri tarung derajat konut menjadi primadona daerah Konut,”ucapnya.

Dia menambahkan, sebagai peresmian dan memperkenalkan kepada masyarakat juga pemerintah dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan melangsungkan lauching atraksi/demonstrasi cabang olah raga tarung derajat. Alat peraga yang digunakan, batako, batu merah, papin blok serta alat praga lainnya.

Untuk diketahui, cabang olah raga tarung drajat merupakan seni bela diri yang berasal dari Indonesia. Kelahirannya dideklarasikan pada 18 juli 1972 oleh Achmad Drajat yang biasa dipanggil AA Boxer.

Tarung derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil (Brimob) Polisi Republik Indonesia.

Sejak 1990 an tarung derajat telah disempurnakan untuk olahraga. Pada 1998 resmi menjadi anggota KONI dan sejak saat itu tarung derajat memiliki tempat di Pekan Olah Raga Nasional (PON). (b)

 


Reporter:Jefri
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib