Kabupaten Kolaka Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah Porprov XIII

Porprov XIII kolaka
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ketua KONI Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas mengaku jika Kabupaten Kolaka telah menyatakan diri siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII menggantikan Kolaka Utara (Kolut).

Kepastian itu didapatkan usai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sultra serta Staf KONI Sultra melakukan konsultasi dengan Ketua KONI Kolaka.

“Kolaka siap untuk melaksanakan (Porprov), kemarin juga Ketua Harian Kolut bersama jajarannya sudah menghadap ke Plt Gubernur,” kata Lukman Abunawas, Senin (21/1/2018).

Meski begitu, Lukman Abunawas tidak menganggap mundurnya Kolut menjadi pelaksana Porprov sebagai upaya tarik diri atau buang handuk. Sekda Pemprov Sultra itu menganggap jika Kolut belum mampu atau siap untuk melaksanakan ajang empat tahunan itu.

“Karena barangkali pak bupati dan wakil bupati yang baru ada progres yang utama. Tapi bukan berarti dia menunda, tapi masih ada mungkin program yang prioritas,” ucapnya.

Meski Kabupaten Kolaka akan menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada Juni mendatang, namun Lukman menegaskan tidak akan berpengaruh dalam pelaksanaan Porprov.

“Tidak ada masalah dengan pilkada, karena kan pilkada itu bulan 6. Sedangkan Porprov itu bulan 9, itu pun waktunya tentatif bisa bulan 10,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Kolaka Utara Nur Rahman Umar seperti dikutip dari berita.kolutkab.go.id mengungkapkan Kolaka Utara bukannya tidak sanggup menjadi tuan rumah porprov secara fisik, karena saat ini fasilitas lapangan olahraga yang disiapkan Pemda Kolaka Utara sudah hampir rampung minus stadion.

“Bukan karena kita tidak sanggup dalam arti fisik. Sebenarnya fasilitas untuk pertandingan cabor hampir semua rampung, tapi jika semua kita rampungkan kembali masih membutuhkan dana kurang lebih Rp20 miliar secara keseluruhan dan ini sangat memberatkan pemda jika anggaran tersebut seluruhnya dibebankan pada APBD Kolaka Utara,” ungkap Nur Rahman.

Porprov XIII sendiri akan dilaksanakan pada September 2018 mendatang. (B)

 

Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib