iklan zonasultra

Kabupaten Muna Jadi Tuan Rumah Penyusunan LKPD

Kabupaten Muna Jadi Tuan Rumah Penyusunan LKPD
Penyusunan LKPD - Kepala Perwakilan BPKP Sultra, Yan Setiyadi saat memberikan pemaparan dalam penyusunan LKPD di Aula Galampano, Rabu (6/11/2019).

ZONASULTRA.COM, RAHA – Usai mendapat tiga kali raihan pengelolaan keuangan daerah dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Kabupaten Muna kini didaulat jadi tuan rumah dalam pembahasan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang diikuti 17 kabupaten kota se-Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra, Yan Setiyadi mengatakan penyusunan laporan keuangan setiap pemda melalui sistem elektronik sebagai upaya implementasi meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah.

Baca Juga : Pemda Muna Barat Usulkan 23 Daerah Irigasi

iklan zonasultra

“Di era digital seperti saat ini, penting pemda melakukan pelaporan keuangan daerah melalui sistem elektronik. Makanya, pemda harus mampu melakukan transformasi dalam pengelolaan keuangan,” terang Yan Setiyadi di aula gedung Galampano, Rabu (6/11/2019).

Kata Yan, hal ini memaksa setiap daerah harus melek elektronik dengan keuangan daerah yang sangat terbatas. Penerapan aplikasi Sistem Informasi Daerah (Simda) di setiap daerah sangat diharapkan memiliki efek positif.

Lanjut dia, opini WTP mestinya bukan akhir dari transparansi pengelolaan keuangan. Makanya daerah jangan menunggu diperiksa oleh BPK baru menuntaskan masalah keuangan daerah. “Sebisa mungkin daerah melengkapi semua pelaporan sebelum terjadi kesalahan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Muna, Malik Ditu mengungkapkan dalam penerapan pengelolaan keuangan daerah sistem pengendalian internal sangat penting dilakukan. Dirinya juga mengapresiasi BPKP dalam melakukan pengawasan karena lebih mengedepankan perbaikan dibanding penindakan.

Baca Juga : Penerima PKH di Tongkuno Muna Keluhkan Bantuannya Dipotong

“Inovasi penting kita lakukan agar daerah mampu meraih WTP. Makanya, BPKP jangan bosan untuk membina kami dalam pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

Dirinya juga berharap raihan WTP setiap daerah sangat penting dipertahankan agar jadi catatan prestasi.

Selain itu, dirinya menambahkan pelaksanaan kegiatan yang dihadiri oleh 17 kabupaten kota se-Sultra ini akan dihelat hingga tiga hari ke depan. Penerapan teknologi dalam pengelolaan keuangan daerah jadi fokus tiap kabupaten. (B)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib