iklan zonasultra

Kades Diwarning Hidupkan Padat Karya Tunai

Kades Diwarning Hidupkan Padat Karya Tunai
ACARA ADAT - Suasana acara sukuran adat tahunan masyarakat Desa Lantagi Kecamatan Kulisusu. Kegiatan ini sekaligus penyerahan pagu anggaran DD dan ADD tahun 2020 oleh Bupati Butur, Abu Hasan, kepada pemerintah desa setempat. (Irsan R/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan, telah menyerahkan pagu anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD dan ADD) tahun 2020. Ia mengingatkan agar dana tersebut digunakan tepat sasaran, tanpa mengabaikan program padat karya tunai dalam pelaksanaan pekerjaan di desa.

Abu Hasan menyampaikan itu, saat menghadiri acara adat syukuran tahunan sekaligus menyerahkan pagu DD dan ADD di Desa Lantagi Kecamatan Kulisusu, Sabtu (4/1/2019). Pagu tersebut, diterima langsung Kepala Desa Latangi, Ramli Saleh.

“Kalau ada karya (pekerjaan), dikerjakan oleh masyarakat banyak, supaya sekaligus dibayar tunai masyarakat yang bekerja,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan program padat karya tunai, wajib dilaksanakan bagi seluruh desa di Butur. Tujuannya, agar bisa mendukung upaya pemerintah dalam menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

Desa lantagi sendiri, tahun ini mendapat alokasi DD sebesar Rp 1 miliar lebih, dan ADD Rp 600 juta lebih. Dana tersebut, diharap mampu mendorong proses percepatan pembangunan, meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa setempat.

Pada kegiatan ini, hadir para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Butur beserta jajarannya, Wakil Ketua DPRD Butur, Ahmad Afif Darvin, Tim Penggerak PKK Butur, para tokoh agama, adat, dan tokoh pemuda.

Di tempat sama, Camat Kulisusu, Rusman, menyampaikan bahwa Desa Lantagi, sebelumnya masuk dalam kategori desa tertinggal. Dan kini, sudah tercatat sebagai desa berkembang.

Menurutnya, capaian itu tentu tidak lepas dari kerja keras pemerintah desa berserta masyarakatnya.

“Saya berharap agar kita bersama-sama membangun desa kita, bersama seluruh stakeholder,” kata Rusman.(b)

 


Kontributor: Irsan R
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib