Honda

Kades Oko-oko Apresiasi Kepedulian ANTAM

Kades Oko-oko Apresiasi Kepedulian ANTAM
SILATURAHMI - PT ANTAM Tbk, UBPN Sultra menggelar silaturahmi dengan pemerintah dan masyarakat desa Oko-oko, di balai pertemuan desa Oko-oko, Rabu (2/10/2019). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Hubungan yang baik dengan pemerintah dan masyarakat di wilayah kecamatan Pomalaa, terus dipertahankan PT ANTAM Tbk, UBPN Sultra. Teranyar, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menggelar silaturahmi dengan pemerintah dan masyarakat desa Oko-oko, di balai pertemuan desa Oko-oko, Rabu (2/10/2019).

Kades Oko-oko, Gombi Sakuda mengatakan, kegiatan rutin ini merupakan salah satu kepedulian ANTAM untuk senantiasa menjaga hubungan yang baik antara pemerintah dengan masyarakat Oko-oko.

“PT Antam sudah puluhan tahun hadir ditengah-tengah kita, dengan begitu banyak sumbangsih nyata yang diberikan kepada desa Oko-oko. Kalau dihitung ibaratnya sudah tidak bisa dicatat. Saya sampaikan kepada PT Antam, jangan bosan-bosannya mperhatikan desa Oko-oko. Apa yang kita berikan selama ini menurut saya sebenarnya sudah lebih dari cukup, tapi tentunya di masyarakat masih ada juga kekurangan yang perlu mendapat erhatian khusus,” katanya.

iklan zonasultra

Baca Juga : Kades Huko-huko: 70 Persen Pembangunan di Huko-huko Bantuan ANTAM

Di tempat yang sama, Eksternal Relation Manager PT ANTAM Tbk UBPN Sultra, Pamiluddin Abdullah menjelaskan, kegiatan yang rutin dilakukan ini sebagai bentuk perbaruan hubungan silaturahmi agar tidak terputus.

Kades Oko-oko Apresiasi Kepedulian ANTAM

“Kalau tidak ada pertemuan seperti ini, mungkin susah atau jarang sekali kita bisa kumpul-kumpul. Jadi kami berupaya bagaimana menciptakan hubungan emosional antara perusahaan dengan masyarakat, karena kami sadar keberadaan perusahaan sangat mengharapkan dukungan masyarakat. Olehnya itu, Antam tidak bosan-bosannya untuk senantiasa melakukan silaurahim atau memberikan kontribusi kepada semua masyarakat,
khususnya yang ada di wilayah ring satu,” ungkapnya.

Ia juga meminta dukungan masyarakat agar produksi ANTAM berjalan lancar. Karena jika hal itu berjalan dengan baik, maka imbasnya keuntungan kembali juga kepada asyarakat.

“Jika ada masyarakat yang ingin mengembangkan usaha kemudian butuh modal, kita ada namanya pinjaman modal usaha yang bunganya kecil sekali. Namun, ada persyaratan dan dokumen yang harus diisi. Pinjaman modal ini tujuannya bagaiman usaha itu bisa menjadi lebih maju. Kemudian pengambilannya juga disesuaikan dengan usaha yang dijalankan. Kemudian ada juga pelatihan-pelatihan untuk masyarakat yang bisa difasilitasi oleh PT Antam. Cara-cara itulah yang bisa dilakukan PT Antam untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga : ANTAM Bantu 1.500 Paket Sekolah ke Siswa SD se-Kecamantan Pomalaa

Sementara itu, Camat Pomalaa Mirdan Athar mengatakan, ada tiga komponen utama yang harus selalu mendukung, yakni masyarakat, pemerintah dan dunia usaha. “Nah, acara silaturahmi ini sesungguhnya adalah upaya kita untuk mempererat silaturahmi antara ketiga komponen tersebut,” cetusnya.

Kades Oko-oko Apresiasi Kepedulian ANTAM

Menurutnya, tiga komponen tersebut harus selalu bersinergi sehingga semuanya bermuara pada satu tujuan, yaitu bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi semua elemen.

“Kegiatan ini tentunya sangat positif karena memperkokoh silaturahmi tiga komponen. Kemudian untuk menyerap apa yang menjadi keinginan-keinginan masyarakat, yang merupakan persoalan-persoalan yang mereka hadapi. Kemudian ajang ini juga bisa digunakan oleh PT Antam, untuk menyampaikan apa saja yang menjadi keinginannya, termasuk program-program yang akan dilakukan,” jelasnya.

Ia juga memastikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bukan hanya di masyarakat tapi juga semua komponen yang terlibat.

Baca Juga : Peringati HUT Pertambangan dan Energi, ANTAM UBPN Sultra Gelar Donor Darah

“Dengan adanya kegiatan ini, maka hubungannya dengan masyarakat dan pemerintah menjadi lebih baik, mampu mensosialisasikan apa-apa yang akan dilakukan, dia juga mampu menyerap apa-apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Nah, kita juga sebagai pemerintah merasa terbantu, apalagi momen ini bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan persoalan mendasar yang sangat mendesak untuk diselesaikan, yang tidak mampu diselesaikan oleh pemerintah,” tandasnya. (*)

 


Penulis: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib