iklan zonasultra

Kafilah Kecamatan Kolaka Juara Umum MTQ ke-45

PENYERAHAN PIALA - Bupati Kolaka Ahmad Safei bersama Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin menyerahkan piala bergilir kepada Camat Kolaka, Amri setelah berhasil meraih juara umum dalam pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 tingkat kabupaten Kolaka di Polinggona, Senin (17/2/2020). (Sitti Nurmalasari/ ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Kafilah Kecamatan Kolaka, kabupaten Kolaka, provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) patut berbangga dengan prestasinya menjadi juara umum dalam pagelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 tingkat kabupaten Kolaka.

Kecamatan Kolaka yang memiliki tujuh kelurahan ini, meraih prestasi tersebut mengumpulkan emas terbanyak dalam pelaksanaan MTQ yang digelar di kecamatan Polinggona mulai 9 – 17 Februari 2020.

Baca Juga : MTQ Kolaka Bakal Digelar di Kecamatan Polinggona

iklan zonasultra

Camat Kolaka, Amri mengatakan kafilah Kecamatan Kolaka berhasil mengumpulkan 14 emas, 6 perak, dan 3 perunggu. Kata dia, prestasi tersebut tentunya tidak terlepas dari usaha dan semangat kafilah yang selama persiapan telah secara optimal berlatih.

Amri menuturkan sejak awal, dirinya memang menargetkan kecamatan yang dipimpinnya bisa mendapatkan emas terbanyak dibandingkan dengan kecamatan lain. Dalam mewujudkan hal tersebut, pihaknya mengajak seluruh pelatih (official) agar melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap kafilah secara terpusat.

“Kami berupaya agar mereka tidak perlu memikirkan hal-hal lainnya. Hanya fokus pada latihan terhadap cabang-cabang yang diperlombakan. Alhamdulilah pada akhirnya anak-anak kami bisa memberikan yang terbaik,” ujarnya ditemui saat penutupan MTQ ke-45 di kecamatan Polinggona, Senin (17/2/2020) malam.

Mengapresiasi prestasi kafilah tersebut, pihaknya telah menyiapkan bonus, yang langsung diberikan kepada peraih emas, perak, dan perunggu. Dengan harapan, dapat memotivasi dan membangun mental generasi muda dalam melakukan syiar keagamaan.

Ke depannya, ia mengharapkan prestasi yang diraih bisa dipertahankan, dan semakin ditingkatkan. Sebab, menurutnya, apa yang telah diraih ini menjadi tantangan bagi kafilah kecamatan untuk terus mempertahankan gelar juara.

“Mereka juga kami harapkan bisa mengharumkan nama Bumi Mekongga di pagelaran MTQ di tingkat provinsi maupun nasional nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengapresiasi semua pihak yang telah memberikan kontribusinya untuk menyukseskan kegiatan MTQ ke-45 di Polinggona. Kata dia, dengan berakhirnya MTQ ini, tidak menurunkan semangat untuk mempelajari, menghayati, mengamalkan, dan menghafal nilai-nilai yang terkandung di dalam Alquran.

“Jangan jadikan MTQ ini ajang hanya untuk mendapatkan juara, tetapi jadilah duta Alquran, sehingga bisa mendorong dan memotivasi orang lain juga menghafal dan mengamalkan Alquran,” jelasnya.

Menurut pasangan Muhammad Jayadin itu, dengan kerjasama dan kekompakan yang terjalin, ke depan Kabupaten Kolaka bisa mempersembahkan yang terbaik pada pelaksanaan MTQ tingkat provinsi di Konawe Selatan. Ia mengharapkan peserta Kolaka bisa menjadi wakil yang mendominasi Sultra di ajang MTQ tingkat nasional.

Untuk diketahui, Kecamatan Latambaga memperoleh 8 emas, 10 perak, dan 6 perunggu, Kecamatan Samaturu meraih 8 emas, 2 perak, 4 perunggu, Kecamatan Tanggetada memperoleh 4 emas, 4 perak, dan 4 perunggu.

Baca Juga : 661 Peserta Ikuti MTQ Tingkat Kabupaten Kolaka

Selanjutnya, Kecamatna Wundulako mendapatkan 3 emas, 3 perak, dan 3 perunggu, Kecamatan Polinggona meraih 5 emas, 4 perak, 1 perunggu, Kecamatan Pomalaa memperoleh 2 emas, 3 perak, 6 perunggu.

Kemudian, Kecamatan Iwoimendaa meraih 5 emas, 3 perak, Kecamatan Baula memperoleh 2 emas, 2 perak, 4 perunggu, kecamatan Wolo mendapatkan 3 perak dan 2 perunggu, kecamatan Toari meraih 1 perak dan 5 perunggu, dan Kecamatan Watubangga meraih 1 perak. B

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Rosnia

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib