iklan zonasultra

Kaget, Nyari Ikan Warga Konut Malah Dapat Buaya

Kaget, Nyari Ikan Warga Konut Malah Dapat Buaya
BUAYA TERTANGKAP-Pihak BPBD Konut saat mengevakuasi buaya ukuran 3,5 meter yang ditangkap warga di kali Lasolo.(Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU- Akbar, warga Desa Tapuwatu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), kaget saat mendapati buaya ukuran 3,5 meter tersangkut di pukat ikan miliknya pada Minggu (16/2/2020) sekitar pukul 16.00 WITA.

Awalnya, Akbar bersama rekannya turun di Kali Lasolo yang berada di wilayah Desa Walalindu, Kecamatan Asera untuk mencari ikan dengan cara memasang pukat. Selang berapa lama, ia kembali memeriksa pukat tersebut namun bukan ikan yang didapati malah buaya.

“Jam 4 sore saya turun periksa (pukat), saya sempat kaget saat lihat itu buaya tersangkut di pukat. Tanpa pikir panjang saya dengan teman yang lain langsung tangkap itu buaya menggunakan tali nilon dan kayu,”ungkap Akbar dikonfirmasi, Senin (17/2/2020).

iklan zonasultra

Setelah ditangkap, lanjut Akbar, hewan predator mematikan itu langsung dievakuasi dan diserahkan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut.

(Baca Juga : Buaya 4 Meter yang Ditangkap Warga Konut Dilepasliarkan ke Habitatnya)

“Iya betul ada buaya ditangkap warga. Kronologinya, warga nelayan turun mencari ikan di kali dengan memasang pukat, saat kembali cek pukatnya dia kira ikan besar didapat pas dilihat ternyata Buaya. Untuk sementara ini buayanya kita amankan di kantor BPBD,”kata Sekretaris BPBD Konut, Lagulira.

Disampaikan, pihaknya telah berkoordinasi ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi untuk mengevakuasi hewan tersebut ke penangkaran.

“Pihak BKSDA Provinsi sudah menuju ke Konut untuk mengambil buayanya dan dibawa ke penakaran. Buaya yang ditangkap warga sebelumnya juga di serahkan ke BKSDA,”tukasnya. (a)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib