Kajati Sultra : Pemda Kolut Harus Gunakan Anggaran Tepat Sasaran

Kajati Sultra : Pemda Kolut Harus Gunakan Anggaran Tepat Sasaran
LASUSUA - Acara sosialisasi dan silaturahmi kajati Sultra dengan pemda Kolut yang dihadiri Bupati Kolut Nur Rahman, Wakil Bupati Kolut, H. Abbas, Sekda, Kajari dan assiten Intel Kejati Sultra, Jumat (20/10/2017). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

Kajati Sultra : Pemda Kolut Harus Gunakan Anggaran Tepat Sasaran LASUSUA – Acara sosialisasi dan silaturahmi kajati Sultra dengan pemda Kolut yang dihadiri Bupati Kolut Nur Rahman, Wakil Bupati Kolut, H. Abbas, Sekda, Kajari dan assiten Intel Kejati Sultra, Jumat (20/10/2017). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara (Sultra), Azhar dalam kunjungan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), berharap Pemerintah Daerah (Pemda) dapat mengoptimalkan pengunaaan anggaran negara tepat sasaran agar tidak tersandung masalah hukum.

Penegasan itu disampaikan Azhar dalam acara sosialisasi dan silaturahmi dengan pemda Kolut yang dihadiri Bupati Kolut Nur Rahman, Wakil Bupati Kolut, H. Abbas, Sekda, Kajari dan assiten Intel Kejati Sultra. Dalam kesempatan itu juga dirangkaikan dengan Penandatanganan perjanjian kerja sama (MOU) bidang Hukum Perdata Tata Usaha Negara antara Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Tirta Tampanama dengan Kejaksaan Negeri Lasusua.

“Dalam mengelola anggaran Pemda jangan ragu-ragu melakukan kordinasi dan konsultasi dengan Kejaksaan. Lebih lagi dengan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D),” kata Azhar, Jumat (20/10/2017).

Dikatakannya, tugas kejaksaan bukan hanya penuntutan, pemeriksaan atau penindakan, namun juga memastikan tidak ada pelanggaran hukum atau pencegahan melalui TP4D.

“Kejaksaan bukan hanya melakukan pendampingan pada pencegahan pelanggaran Pidana. Namun kejaksaan juga melalui pengacara negara akan memberikan pendampingan hukum pada gugatan Perdata atau Tata Usaha Negara,” kata dia.

Untuk itu, kejaksaan akan memberikan edukasi kepada Pemda atau SKPD dan Kades dalam mengelola anggaran dana desa (DD) agar tepat sasaran.

“Anggaran Dana Desa itu tidak turun dari langit. Tapi anggaran itu murni untuk kepentingan masayarakt,” tukas Azhari.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar mengatakan, dalam mewujutkan program Nasional, Pemda sangat membutuhkan bimbingan arahan dari Kajati dan Kajari.

“Saya harapkan para kepala SKPD harus pro aktif berkonsultasi dengan Kajari dalam merencanakan pengelolaan anggaran agar tidak ada kerugian negara,” katanya.

Pihaknya, lanjut Nur Rahman, akan terus melakukan kordinasi dan konsultasi dengan pihak Kejaksaan Negeri Kolut dalam pengelolaan anggaran, agar nantinya anggaran ini tepat sasaran sesuai program yang telah direncanakan. (B)

 

Reporter : Rusman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib