iklan zonasultra

Kali Meluap, Puluhan Rumah di Bombana Terendam Banjir

Kali Meluap, Puluhan Rumah di Bombana Terendam Banjir
BANJIR - Hujan deras yang mengguyur wilayah ibu kota Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Jumat (28/2/2020) siang menyebabkan kali di Kelurahan Lauru, Kecamatan Rumbia Tengah meluap hingga menggenangi puluhan rumah warga, rumah makan, dan sekolah. (Muhammad Jamil/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Hujan deras yang mengguyur wilayah ibu kota Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Jumat (28/2/2020) siang menyebabkan kali di Kelurahan Lauru, Kecamatan Rumbia Tengah meluap hingga menggenangi puluhan rumah warga, rumah makan, dan sekolah.

Pantauan zonasultra.com, luapan kali tersebut merembes memenuhi gorong-gorong ibu kota hingga menyebar ke sejumlah titik, yakni Kelurahan Doule, Kasipute dan sampai di wilayah Kampung Baru, Rumbia Tengah.

(Baca Juga : Saluran Tersumbat, Sejumlah Rumah di Bombana Terendam Banjir)

iklan zonasultra

Rusmiati, warga Kasipute, Rumbia mengeluh sering kebanjiran saat hujan deras. Ia mengaku kewalahan mengamankan barang-barang di rumahnya setiap kali turun hujan.

“Hujannya deras sekali dan drainase di depan rumahku sempit sekali dan kotor. Akhirnya kalau hujan pasti meluap,” kata Rusmiati sambil mengamankan perabotan rumah tangganya ke luar rumah.

Ia berharap ada tindakan nyata dari pemerintah menanggulangi banjir di daerah itu.

Kali Meluap, Puluhan Rumah di Bombana Terendam Banjir

“Intinya setiap hujan deras pasti kami kebanjiran. Kami mohon perhatian pemerintah,” ujarnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bombana saat ini siaga dan berpencar mengevakuasi rumah warga yang kebanjiran.

Kepala Seksi Penyelamatan, Evakuasi dan Penanganan Pengungsi BPBD Bombana, Yuliana kembali mengimbau kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Ini karena hujannya deras sekali dan air laut meluap juga. Tapi sumber banjir ini pula salah satunya dari Kali Lauru, makanya saluran di beberapa titik penuh dan akhirnya banjir,” ujar Yuliana. (B)

 


Kontributor: Muhammad Jamil
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib