iklan zonasultra

Kantongi IPK 4.0, Anak Petani Sawit Jadi Lulusan Terbaik USN Kolaka

Kantongi IPK 4.0, Anak Petani Sawit Jadi Lulusan Terbaik USN Kolaka
WISUDA USN - Nur Ifa Rahmayanti menjadi lulusan terbaik pertama pada pelaksanaan Wisuda Angkatan VII Program Sarjana dan Diploma Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) disalah satu hotel di Kolaka, Kamis (18/7/2019). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) mewisuda 365 mahasiswanya di salah satu hotel di Kolaka, Kamis (18/7/2019).

Di antara 365 orang yang resmi berstatus alumni kampus merah marun itu, ada nama Nur Ifa Rahmayanti yang mendapatkan penghargaan sebagai wisudawan terbaik. Pemilik sapaan akrab Ifa ini mencatatkan diri sebagai peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di antara ratusan orang yang diwisuda.

Iklan Zonasultra

Perempuan yang lahir di Kolaka, 21 Desember 1996 lalu ini meluluskan dirinya dengan IPK sempurna 4,0. Putri kedua dari pasangan Maskur dan Siti Hajariah itu menyelesaikan pendidikan strata satu (S-1) pada program studi (prodi) Peternakan, Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan (FPPP) dengan lama studi 4 tahun 6 bulan.

Baca Juga : Alumni USN Kolaka Diminta Tak Hanya Berpikiran Jadi PNS

Ifa mengatakan, prestasi tersebut tak terlepas dari motivasi orang tua yang menginginkan ia bisa belajar dengan baik dan berguna bagi orang lain. Dan tentu saja bimbingan dan arahan dari para dosen di kampus.

“Selain belajar, saya juga harus menghargai dosen karena kalau tidak menghargai, ilmunya susah diserap,” kata Ifa ditemui usai menerima penghargaan dari Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Patdono Suwignjo mendampingi Rektor USN Kolaka, Azhari.

Sementara Maskur yang kesehariannya bekerja sebagai petani sawit ini merasa bangga atas prestasi sang anak. Menurutnya, bimbingan dan motivasi yang diberikan kepada Ifa agar tekun belajar, menjaga sopan santun terhadap orang tua dan pengajarnya, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT membuahkan hasil yang membanggakan.

“Kami menekankan ke Ifa jangan mau kalah sama prestasi teman-temannya, kalau prestasi yang didapatkan harus dipertahankan,” kata Maskur.

Kata kedua orangtuanya, Ifa memang sudah berprestasi sejak taman kanak-kanak. Keduanya berharap anak kesayangannya ini bisa mendapatkan pekerjaan yang layak setelah lulus. Kendatipun belum ada rezeki untuk itu, keduanya tidak akan merasa kecewa karena Ifa sudah menyelesaikan pendidikannya dengan baik.

Baca Juga : Diwisuda Juli 2019, 365 Mahasiswa USN Kolaka Telah Kantongi PIN

USN Kolaka juga memberikan penghargaan kepada dua lulusan terbaik lainnya yakni Doni Markus dan Riko Andreas Malau. Doni menjadi lulusan terbaik kedua dengan IPK 3,96. Pria kelahiran Pomalaa, 17 Desember 1989 ini menyelesaikan pendidikannya pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) selama 4 tahun 6 bulan.

Lulusan terbaik ketiga berasal dari anak muda yang kuliah pada program studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan dengan IPK 3,88. Riko yang lahir di Pematangsiantar, 13 Agustus 1996 ini menyelesaikan pendidikannya 3 tahun 7 bulan. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib