Honda

Kantor Bahasa Sultra Beri Penyuluhan Bahasa ke Pemkab Kolut

Kantor Bahasa Sultra Beri Penyuluhan Bahasa ke Pemkab Kolut
PENYULUHAN - Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia yang baik bagi pegawai badan publik di lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia yang baik bagi pegawai badan publik di lingkup Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari diikuti 40 orang peserta dari utusan organisasi perangkat daerah (OPD) sampai kecamatan dan kelurahan yang digelar di salah satu hotel di Lasusua, Kamis (10/10/2019).

Peneliti Madya Bidang Bahasa Kantor Bahasa Sultra, Firman mengatakan, penyuluhan ini untuk meningkatkan kualitas berbahasa di kalangan pemerintahan.

iklan zonasultra

Baca Juga : Kantor Bahasa Beri Penyuluhan Penggunaan Bahasa di Mubar

Selain itu untuk mengetahui penggunaan dan kesalahan dalam setiap penulisan naskah dinas. Serta meningkatkan pemahaman terkait penggunaan bahasa dalam kegiatan surat menyurat dinas maupun dokumen resmi lainnya.

“Kolaka Utara ini sudah kabupaten keempat yang kami kunjungi untuk sosialisasi tata naskah dinas kerena masih ada beberapa kekeliruan dalam hal penulisan,” kata Firman.

Menurutnya, logo setiap kabupaten sampai jajaran tingkat dinas, kecamatan dan desa, kop surat serta jenis huruf yang digunakan semua sudah diatur dan harus seragam merujuk kepada Arsip Nasional RI Nomor 2 tahun 2014 tentang Naskah Tata Dinas.

“Dalam satu kabupaten harus seragam penggunaan kop suratnya, kalau berbeda dengan kabupaten lain tidak masalah karena bisa punya aturan sendiri,” ujarnya

“Kami harapkan Pemda Kolut membuat suatu aturan tentang naskah dinas sebagai patokan dasar agar menjadi contoh di tingkat camat dan desa serta ke masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga : Pemkab Kolut Studi Banding SAKIP ke Banyuwangi

Sementara Asisten I Pemkab Kolut, Ashar mengatakan, adanya penyuluhan bahasa saat ini telah menjadi rujukan di seluruh OPD dan jajarannya karena pentingnya berbahasa yang baik dalam bidang pekerjaan dan hubungan kemasyarakatan.

“Karena banyaknya bahasa kita perlu rujukan yang benar terkait tulisan dan ejaan yang benar agar tidak keliru lagi,” ucapnya. (b)

 


Kontributor : Rusman
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib