iklan zonasultra

Kantor Bahasa Sultra Beri Penyuluhan untuk Media Massa

Kantor Bahasa Sultra Beri Penyuluhan untuk Media Massa
PENYULUHAN BAHASA - Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia untuk media massa di Kendari, Kamis (11/7/2019). Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 40 orang yang terdiri atas editor, wartawan, dan penulis teks media massa yang ada di Kota Kendari. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia untuk media massa di Kendari, Kamis (11/7/2019). Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 40 orang yang terdiri atas editor, wartawan, dan penulis teks media massa yang ada di Kota Kendari.

Kepala Kantor Bahasa Sultra, Sandra Safitri Hanan mengatakan media massa sebagai ujung tombak dalam penggunaan bahasa menjadi mitra utama Kantor Bahasa dalam memasyarakatkan pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, pelaku media massa cetak, daring, maupun elektronik dapat membina dan mengembangkan bahasa Indonesia yang dapat diterapkan dalam proses jurnalistik,” ujar Sandra.

iklan zonasultra

Kata dia, media massa harus tampil sebagai salah satu pihak yang memiliki peran dan tanggung jawab untuk menentukan mutu penggunaan bahasa Indonesia.

Baca Juga : Dikbud Sultra Dukung Bahasa Daerah Jadi Mata Pelajaran di Sekolah

Untuk itu, lembaga-lembaga pers perlu meningkatkan mutu dan keterampilan para wartawan dalam menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan bidang profesinya karena bagaimanapun laras bahasa jurnalistik merupakan salah satu bentuk dari ragam bahasa baku.

“Setelah pelaksanaan kegiatan ini diharapkan para wartawan memiliki pemahaman dan meningkatkan kemahiran tentang bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk selanjutnya diaplikasikan,” kata Sandra.

Untuk diketahui, pada kegiatan yang berlangsung dari 11 hingga 13 Juli 2019 tersebut peserta akan diberikan materi-materi seputar penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam dunia jurnalistik. Pemateri yang akan dihadirkan pada 12 Juli adalah Suhardi Budi Santoso dari Jakarta dan pada 13 Juli adalah Andi Syahrir dari Kendari. (B)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib