iklan zonasultra

Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Dermaga Sulaa Baubau

Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Dermaga Sulaa Baubau
KAPAL TERBAKAR - Kapal pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM), KM Samudra dengan bobot 10 gross ton terbakar di sekitar pelabuhan Sulaa, Kecamatan Beteambari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI-Kapal pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM), KM Samudra dengan bobot 10 gross ton terbakar di sekitar pelabuhan Sulaa, Kecamatan Beteambari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kapal yang memuat bensin dan minyak tanah sebanyak 5 ton ini tak bisa diselamatkan.

Peristiwa itu terjadi Kamis (6/9/2018), sekira pukul 11.20 Wita. Seusai melakukan pengisian BBM di terminal BBM pelabuhan Sulaa dan hendak keluar dari pelabuhan, kapal itu terbakar dan meledak.

“Saat mesin kapal dinyalakan, tiba-tiba terjadi ledakan dan dengan cepat api menyambar sehingga terjadi kebakaran,” jelas Wahyudi, Humas SAR Kendari. Kapal itu, kata Wahyudi hendak berlayar menuju Siompu Barat.

iklan zonasultra

Anak Buah Kapal (ABK) KM SAMUDRA GT 10 yang berjumlah empat orang pun, lanjut Wahyudi, langsung mendorong kapal agar menjauh dari dermaga. “Setelah didorong, kapal hanyut dan menjauh dari dermaga. Dan semua ABK melompat kelaut untuk menyelamatkan diri berenang untuk naik ke dermaga,” bebernya.

“Mendapat laporan itu, tim Pos SAR Baubau berjumlah 5 orang bergerak menuju TKM dengan menggunakan Rubber Boat untuk melakukan bantuan SAR,” sambungnya. Adapun nama-nama ABK kapal itu adalah kapten kapala bernama Anwar (44), La Sura (60), La Uba (25), La Aco (52).(B)

 


Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Abdi MR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib