iklan zonasultra

iklan zonasultra

Kapal Pusling Jadi Solusi Pelayanan Kesmas Kepulauan di Konut

Kapal Pusling Jadi Solusi Pelayanan Kesmas Kepulauan di Konut
KAPAL PUSLING - Kapal super jet puskesmas keliling (pusling) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Utara yang di peruntukkan bagi masyarakat yang berada di wilayah kepulauan dan pesisir untuk memudahkan mendapatkan pelayanan kesehatan.(Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pengadaan kapal air puskesmas keliling (pusling) Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat (kesmas) bagi masyarakat kepulauan di wilayah itu.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Konut, Nurjannah Efendi mengatakan, alat transportasi laut itu nantinya disiagakan untuk melayani seluruh masyarakat yang tinggal di area kepulauan dan pesisir pantai seperti, Desa Lebengki, Waturambaha, Boenaga, Boedingi, Tapunopaka, Morombo dan Morombo Pantai.

Diungakapkan, kapal jenis super jet berkuruan besar tersebut telah dilengkapi berbagai fasilitas alat medis untuk memberikan kenyamanan bagi pasien yang mendapat pertolongan pertama saat dirujuk.

Menggunakan tehnologi mesin canggih, lanjut Nurjannah, kapal tersebut dapat menempuh perjalanan lebih cepat dari kapal-kapal pada umumnya. Armada tersebut, merupakan usulan program kerjanya di 2017 lalu.

(Baca Juga : Musim Hujan, Dinkes Konut Siagakan Tim Medis di 22 Puskesmas)

“Ini merupakan gagasan program kerja konasara Bupati dan Wakil Bupati konut, sasaran utamanya kapal ini untuk penanganan pelayanan medis masyarakat kita yang bermukim di wilayah kepulauan dan pesisir pantai. Ini gratis untuk masyarakat,”.kata wanita sapaan akrab Anna ini di ruang kerjanya, Selasa (26/6/2018).

Armada laut itu akan segera dioperasikan pada awal Juli mendatang. Sumber dana yang digunakan melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai miliyaran rupiah.

“Ini perdana baru 1 unit, kita upayakan bisa ada penambahan lagi. Ini salah satu wujud komitmen kami untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat. Dengan adanya kapal pusling ini masyarakat yang ada di kepulauan dan pesisir otomatis mendapatkan akses lebih mudah untuk berobat,”tukasnya. (A)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib