iklan zonasultra

Kapolda Ingatkan Polres Butur Soal Tantangan Pilkada

Kapolda Ingatkan Polres Butur Soal Tantangan Pilkada
POLRES BUTUR - Peresmian Polres Buton Utara dan pelantikan Kapolres Buton Utara, AKBP Wasis Santoso oleh Kapolda Sultra, Brigjenpol Merdisyam di Minaminanga, Rabu (15/1/2020). (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjenpol Merdisyam mengingatkan kepada seluruh jajaran Polres Buton Utara (Butur) soal tantangan menjelang pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020. Butur adalah salah satu dari tujuh daerah di Sultra yang menghadapi momen politik tersebut.

Ia menuturkan, pesta demokrasi tersebut tidak lepas dari tugas dan tanggung jawab pihak kepolisian. Hadirnya Polres Butur yang baru saja ia resmikan Rabu (15/1/2020), tidak sebatas mendekatkan dan memudahkan pelayanan hukum bagi warga setempat saja, tetapi juga menjadi angin segar bagi terwujudnya suasana keamanan dan ketertiban masyarakat, tidak terkecuali dalam proses pelaksanaan pilkada nanti.

“Ini merupakan tugas dan tanggung jawab Polres Buton Utara dan jajarannya untuk menjamin terlaksananya pilkada yang aman, damai dan kondusif, di enam kecamatan dan 90 desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Buton Utara,” tuturnya, saat peresmian Polres dan pelantikan Kapolres Butur, AKBP Wasis Santoso, di Minaminanga, Rabu (15/1/2020).

Pada kesempatan itu, tak lupa ia menyampaikan apresiasi terhadap Pemda, DPRD Butur dan seluruh jajarannya, beserta semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya, sehingga Polres Butur dapat beroperasi.

(Baca Juga : Resmikan Polres Konut, Kapolda Ingatkan Pengamanan Pilkada)

Menurutnya, peresmian itu merupakan momentum bersejarah, khususnya bagi pemerintah dan masyarakat di daerah setempat. Pasalnya, sejak mekarnya Butur menjadi daerah otonomi baru tahun 2007 lalu, kini sudah terbentuk Polres Butur, yang sebelumnya masih masuk dalam wilayah hukum Polres Muna.

Pembentukan kesatuan Polres Butur, lanjutnya, merupakan upaya Polri khususnya Polda Sultra untuk menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks. Sekaligus upaya meningkatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat, yang merupakan bagian yang tidak terpisahakan dari komitemen pihaknya, untuk memberikan jaminan serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Sultra.

Untuk diketahui, Polres Butur membawahi empat Polsek yang tersebar di semua kecamatan di Butur, yakni Polsek Kulisusu, Polsek Kulisusu Barat, Polsek Bonegunu dan Polsek Wakorumba Utara. Untuk tahap awal, personel yang bertugas di Polres Butur sebanyak 117 orang. (B)

 


Kontributor: Irsan Rano
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib