iklan zonasultra

Kasus Covid-19 Terus Bertambah, KBM di Kolaka Masih Andalkan PJJ

Ilustrasi belajar
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa dan guru di Kabupaten Kolaka masih mengandalkan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka, Salamansyah mengatakan belajar tatap muka di sekolah belum dapat dilaksanakan.

Iklan Zonasultra

Sampai saat ini, KBM masih mengandalkan program PJJ, ditambah dengan cara konvensional seperti guru memberikan tugas kepada siswa. Dengan perkembangan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Bumi Mekongga yang terus meningkat, Dikbud Kolaka belum berani mengambil resiko memberikan izin pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah secara langsung.

“Belum. Kita masih evaluasi terus kemungkinan belajar tatap muka di sekolah,” ujarnya di Kolaka, Selasa (10/11/2020).

Menurut Salamansyah, jika KBM di sekolah dilakukan dikhawatirkan kegiatan tersebut justru menjadi sumber klaster baru penyebaran Covid-19. Saat ini, Dikbud Kolaka bersama Dinas Kesehatan tengah memantau dan memperhatikan perkembangan penyebaran Covid-19 di tiap kecamatan.

Apabila proses KBM mendapatkan izin untuk dilakukan secara langsung, kata dia, sekolah-sekolah telah menyediakan fasilitas penunjang protokol kesehatan seperti alat-alat kesehatan dasar, pelindung diri, hand sanitizer, tempat cuci tangan, dan thermo gun.

“Sekolah rata-rata sudah memiliki fasilitas penunjang tersebut. Karena ada daftar periksa yang diturunkan oleh kementerian. Dan itu kita sudah sampaikan ke sekolah-sekolah untuk disiapkan,” tambahnya.

Hanya saja, untuk merealisasikan program kegiatan belajar mengajar secara langsung di sekolah, membutuhkan izin dari Pemerintah Kabupaten Kolaka. Untuk diketahui, sejak terjadinya pandemi Covid-19, jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Kolaka sebanyak 388 kasus. (b)

 


Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib