iklan zonasultra

Kebakaran Hutan di Sultra Capai 9 Kasus, Ali Mazi: Akan Kita Selidiki

Sepanjang Tahun Ini, 1.600 Hektar Hutan dan Lahan Sultra Terbakar
Kebakaran hutan yang terjadi di Taman Nasional Rawa Opa Bombana, beberapa waktu lalu (Foto Dok/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi bakal melakukan identifikasi terkait penyebab terjadinya kebakaran hutan di Sultra. Hingga Agustus 2019 ini, sudah ada 9 kasus kebakaran hutan di Sultra.

Ali Mazi usai memimpin apel kesiapsiagaan upaya pencegahan musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yang dilaksanakan di lapangan apel kantor Gubernur Sultra, Kamis, (15/8/2019).

Menurut Ali Mazi, angka kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Sultra akan terus ditekan. Salah satunya dengan melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, dengan melibatkan banyak institusi terkait, seperti TNI/ Polri, Dinas Kehutanan, Pemadam Kebakaran, Basarnas dan penggiat hutan dan lahan.

iklan zonasultra

“Kita belum bisa memastikan ada unsur kesengajaan atau tidak, tentu kita akan mengevaluasi. Saya akan undang semua institusi terkait dengan kerja-kerja mereka, kita minta laporan mereka masing-masing. Selama ini apa saja yang terbakar, apakah ada unsur kesengajaan atau memang terjadi setiap tahun,” terangnya.

(Baca Juga : Polsek Tinanggea Sosialisasi Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan pada Siswa SD)

Politisi Partai Nasdem ini juga mengaku, akan segera meminta penegak hukum untuk menyelidiki kasus kebakaran hutan yang terjadi Kolaka Timur (Koltim) dan Konawe, beberapa waktu lalu.

“Ternyata di Koltim itu ada gambut, saya juga baru tahu ini. Tapi itu perlu kita selidiki, tentu kita tidak selidiki sendiri tentu kita harus meminta laporan dari Manggala Agni dan Dinas Kehutanan. Nah dari sana baru kita bisa pastikan penyebabnya apa, apa disengaja atau memang karena alam,” ucapnya.

(Baca Juga : Inilah Titik- Titik Api Kebakaran Hutan di Bombana)

Untuk diketahui, apel Karhutla tersebut turut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sultra, seperti Ketua DPRD Sultra, Kapolda Sultra, Danrem 143/Haluoleo, Kajati Sultra, Kabinda Sultra,Danlanud Haluoleo, Danlanal Kendari dan beberapa pimpinan organisasi terkait.

Apel Karhutla itu, juga dirangkaikan dengan emeriksaan kesiapan kelengkapan, peralatan dan perangkat pendukung kebakaran hutan dan lahan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi. (a)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib