iklan zonasultra

Kebutuhan Daging Sapi di Kendari Diprediksi Capai 200 Ekor Jelang Lebaran

Rumah Pemotongan Hewan Kota Kendari
Rumah Pemotongan Hewan Kota Kendari

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Nasir, mengatakan kebutuhan daging sapi di Kota Kendari sekitar 150 hingga 200 ekor.

“Pemotongan di RPH Kota Kendari kemarin 48 ekor, hari ini 76 ekor dan besok bisa mencapai sekitar 100 lebih ekor,” ungkap Nasir kepada zonasultra melalui sambungan WhatsApp Mesengger, Senin (3/7/2019).

Ia pun mengimbau kepada dinas terkait di kabupaten/kota yang menangani fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), bahwa sesuai UU No 18/2009 tentang PKH sebagaimana telah diubah dengan UU No 41 tahun 2014.

iklan zonasultra

Baca Juga : Pemkot Baubau Imbau Warga Teliti Berbelanja Kebutuhan Lebaran

Maka dalam rangka Idul Fitri tahun 2019, diharapkan agar dapat melakukan pengawalan teknis atas pemotongan sapi yang dilakukan masyarakat di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan terutama di luar RPH.

Sesuai UU tersebut pula pada pasal 61 disebutkan bahwa hari besar keagamaan dibolehkan pemotongan ternak di luar RPH. Untuk itu, dalam mengantisipasi dan memastikan sapi/ternak yang akan dipotong memenuhi syarat atau sesuai syariat agama Islam dan kaidah ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal.

“Harus dilakukan pengawasan oleh petugas teknis dari Dinas yang menangani fungsi PKH di masing-masing daerah. Jumlah sapi yang dipotong tersebut nanti harus dilaporkan ke Distanak Provinsi,” tukasnya. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib