iklan zonasultra

iklan zonasultra

Kehadiran Antam Membawa Perubahan di Sultra

Juara Harapan 3 Lomba Menulis 50 Tahun CSR ANTAM Membangun Sultra, Kategori Pelajar

Indonesia adalah salah satu negara yang berstatus sebagai negara berkembang. Dimana negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya yang berlimpah. Kekayaan alam yang tak bisa dipungkiri nilainya, mulai dari kekayaan laut, darat, hasil bumi dan kekayaan lainya yang terkandung didalam tanah subur Indonesia tercinta ini mungkin tidak bisa dihitung jumlahnya.

Lain daripada itu, kekayaan Indonesia tidak sekedar terbatas pada kekayaan hayatinya,tetapi juga non-hayatinya. Aneka bahan tambang terkandung didalam perut bumi. baik itu berupa minyak bumi, batu bara, gas alam, dan sebagainya. Kekayaan tersebut di olah agar menjadi pemasukan kas negara dan menjadi kekayaan yang di peruntukan pula untuk Indonesia.

Terkhusus di daerah tercinta kita, yang tidak lain adalah kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara, Indonesia. Terdapat perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Perusahaan ini tidak lain adalah PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, merupakan perusahaan pertambangan satu-satunya yang terbesar di provinsi Sulawesi tenggara.

Tulisan ini bukan hanya sekedar bacaan biasa , melainkan sebuah tulisan yang memiliki tujuan. Dibuka dengan kondisi alam Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya lalu terkhusus pada daerah kolaka dan yang menjadi objek penulisan adalah PT ANTAM . Tujuan penulisan dengan objek PT ANTAM yaitu membantu masyarakat untuk mengetahui manfaat dari “CSR” PT ANTAM.

ANTAM telah hadir di provinsi Sulawesi Tenggara sejak tahun 1968, yang berlokasi di Tambea, Pomalaa, pada tanggal 5 juli 1968 berdasarkan PP No: 22 tahun 1968, perusahaan pertambangan ini bersetatus sebagai perusahaan negara (PN) Aneka Tambang. Akan tetapi tanggal 14 September 1974 status perusahaan diubah menjadi perusahaan milik negara persero terbatas. Perubahan status ini berdasarkan PP No: 26 tahun 1974, dan sejak perubahannya hingga kini dikenal dengan perusahaan perseroan (Persero) Aneka Tambang.

Kehadiran PT ANTAM membawa perubahan yang lebih maju bagi masyarakat , khususnya di Kolaka dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat lokal. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan  PT ANTAM sadar betul bahwa oprasi perusahaan memiliki dampak secara langsung kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu PT ANTAM selalu melakukan pelestarian lingkungan ditempat lahan yang dikelola serta partisipasi secara pra-aktif.

Dalam pengembangan masyarakat, terutama kepada masyarakat yang berada disekitar wilayah oprasional, yaitu yaitu untuk meningkatkan kwalitas dan mengembangkan potensi yang ada dikalangan masyarakat. Untuk menunjang hal ini PT ANTAM memiliki sebuah program yang bernama CSR (Corporate Social Responcibility).

CSR ini dapat diibaratkan seperti uang koin, yang memiliki gambar berbeda dikedua sisi. Dan kedua gambar tersebut sebagai manfaat CSR yang berbeda disetiap poin-poin program. program CSR ini sangat bermanfaat dan sangat membantu bagi masyarakay pri-bumi Mekongga khususnya.

Layaknya kedua sisi koin yang berbeda, CSR bukan semata-mata program yang hanya dibuat tanpa adanya pembuktian yang nyata dari actor-aktor PT ANTAM. Bahkan sbelum dibuatnya CSR PT ANTAM sudah sangat membantu masyarakat.

Pelaksanaan CSR ANTAM dilakukan dengan masyarakat untuk memberikan pelatihan. Di desa Sopura, salah satu tempat yang menjadi tujuan ANTAM memberikan pelatihan bagi masyarakat yang brofesi sebagai petani, kemudian mendirikan Rumah Belajar Masyarakat, bangunan ini menjadi bukti nyata PT ANTAM yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan meningkatkan potensi masyarakat.

Pelatihan tersebut memiliki tujuan utama lainya yaitu memberdayakan  dan meningkatkan pengetahuan masyarakat kelompok, khususnya yang bergerak dibidang pertanian . PT ANTAMpun tak tanggung-tanggung untuk memberikan fasilitas berupa alat dan bibit kepada masyarakat. Hal ini untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarak.

PT ANTAM juga membantu pemerintah dalam melengkapi infrastruktur yang ada, baik itu jalan usaha tani maupun jalan untuk kepentingan umum . Contohnya beberapa bulan yang lalu PT ANTAM mengaspal jalan di Desa Sopura guna memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Hal ini menjadi bukti bahwa program PT ANTAM yang bernama CSR bukanlah semata- mata program yang hanya di janjikan melainkan sebuah program yang dijanjikan. Sebuah program yang teralisasikan ditengah-tengah lingkungan masyarakat, dan program CSR yang mana perubahan dan manfaatnya dapat dirasakan secra langsung.

Bukan hanya dikalangan etani adapun bantuan kepada pemerintah PT ANTAM juga member perhatianya dikalangan pelajar adapun perhatiannya kepada kalangan pelajar berupa bantuan yang bernama Beasiswa Antam. Bantuan beasiswa ini bentuk bentuk perhatian PT ANTAM kepada para generasi-generasi bangsa yang memiliki kemampuan, akan tetapi pelluangnya kecil untuk melanjutkan pendidikan di sebabkan kondisi prekonomian keluarga tidak mendukung.

Dengan adanya bantuan berupa beasiswa ini, keluarga dengan status ekonomi kurang mampu tidak perlu lagi merasa khawatir tentang biaya perkuliahan atau biaya spp. Bantuan ini membuka dan memberikan peluang untuk generasi-generasi bangsa dengan kemampuan intelektual yang dapat dikatakan mampu. Bantuan ini juga memberikan motivasi suara tersirat bagi pelajar yang minat belajarnya masih kurang.

Karena siapapun orangnya jika dia mampu maka mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang sulit. Dengan kemampuan yang dimiliki serta ketekunan dan keunggulan belajar, maka pelajar dengan bidang kemampuannya tersebut bisa membuatnya dapat beasiswa.

Sedangkan disisi lain, PT ANTAM membantu masyarakat  melalui program CSR yang masuk dalam poin menyediakan lapangan pekerjaan.  PT ANTAM mengajak masyarakat yang bersetatus pengangguran turut ikut andil untuk mengisi lapangan pekerjaan yang disediakan oleh PT ANTAM untuk mempermudah masyarakat dalam mencari pekerjaan. Lapangan pekerjaan yang disediakan PT ANTAM bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran yang ada didaerah. Lapangan pekerjaan ini buakan hanya untuk laki-laki bahkan perempuanpun dapat ikut andil.

PT ANTAM memberikan lapangan pekerjaan baik itu berupa kantoran maupun yang dilapagan secra langsung. Lapangan pekerjaan ini tidak hanya menerima orang-orang yang berusia 30 tahun keatas, akan tetapi juga memberikan peluang kesempatan kerja dibawah usia 30 tahun. Dengan memenuhi peryaratan yang telah ditetapkan oleh PT ANTAM, persentase mendapatkan pekerjaan yang disediakan dapat memungkinkan.

 

Penulis : Abdul Siraj Maulana
Penulis adalah Pelajar di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Kolaka

Juara Harapan 3 Lomba Menulis 50 Tahun CSR ANTAM Membangun Sultra, Kategori Pelajar

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib