iklan zonasultra

Kemenag Berupaya Kerukunan Umat Beragama di Butur Tetap Terawat

Kemenag Berupaya Kerukunan Umat Beragama di Butur Tetap Terawat
HARI AMAL BAKTI - Bupati Butur, Abu Hasan, saat membaca amanat Menteri Agama RI, Fachrul Razi, pada Upacara Hari Amal Bhakti Kemenag Ri ke 74, di lapangan Raja Jin Kabupaten Buton Utara, Jumat (3/1/2019). Kegiatan ini mengusung tema 'Umat Rukun Indonesia Maju'. (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton Utara (Kemenag Butur) terus berupaya mengokohkan kerukunan antar umat beragama di daerah setempat.

Salah satu langkah yang dilakukan Kemenag yakni memaksimalkan kemitraan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), pemerintah daerah serta sejumlah majelis agama di Butur. Caranya, dengan menghidupkan dialog maupun diskusi-diskusi, yang membahas seputar keumatan.

Kepala Kantor Kemenag Butur, Muhammad Saleh, mengapresiasi terjalinnya kerja sama yang baik tersebut. Meski berbeda agama, suasana hidup rukun di tengah masyarakat Butur hingga kini tetap terjaga.

iklan zonasultra

Tak sampai di situ. Untuk lebih memantapkan upaya tersebut, dalam waktu dekat pihaknya juga bakal melaunching desa sadar kerukunan. Kegiatannya dipusatkan di Desa Karya Bhakti Kecamatan Kulisusu Barat.

“Karena desa itu semua pemeluk agama terwakili, sehingga tepat untuk kita letakkan sebagai desa percontohan kerukunan di Buton Utara,” kata Saleh ditemui usai Upacara Hari Amal Bhakti Kemenag RI ke-74, di lapangan Raja Jin Kabupaten Buton Utara, Jumat (3/1/2020).

Selaku pejabat Kemenag, pihaknya berjanji akan selalu berusaha semaksimal mungkin memperkuat suasana rukun dan damai. Sebab, menurutnya, tidak akan terwujud Indonesia maju apabila masyarakatnya tidak rukun dan tidak damai.

“Saya mengajak untuk kita bergandengan tangan, bersama-sama memelihara kerukunan, kita menciptakan kedamaian di tengah-tengah masyarakat Buton Utara, demi terciptanya cita-cita pembangunan nasional,” tuturnya.

Langkah yang dilakukan Kemang Butur ini, sejalan dengan amanat Menteri Agama RI, Fachrul Razi, yang dibacakan saat upacara oleh Bupati Butur, Abu Hasan. Peringatan Hari Amal Bhakti ke-74 itu dengan tema “Umat Rukun Indonesia Maju” diharap menjadi momentum penguatan kerukunan antar umat beragama.

“Saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di pusat dan di daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air,” tutur Abu Hasan, saat membacakan amanat Menteri Agama RI.

Perlu diketahui, dalam menyemarakkan peringatan Hari Amal Bhakti kali ini, Kemenag Butur lebih dulu menyelenggarakan beberapa kegiatan menarik. Di antaranya launching zona integritas, jalan santai kerukunan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat Butur, dan pertandingan futsal.

Kemudian, ada pula pertandingan hiburan antar karyawan, dharma wanita serta perkemahan pramuka madrasah. Terakhir, sebagai pemungkas seluruh rangkaian kegiatan tersebut, sebelum upacara puncak Hari Amal Bhakti ke-74, Kemenag Butur bekerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama setempat melaksanakan Istighosah, dzikir dan doa bersama di Masjid Babussaholeh Kantor Kemenag Butur, pada Kamis (2/1/2020). (b)

 


Kontributor: Irsan R
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib