Tampilan Desktop



Kemenag Kendari Berharap Dapat Penambahan Kuota Haji
84 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Kementerian Agama Kota Kendari Samsuri, berharap pembagian kuota haji untuk Kendari bisa bertambah di tahun 2017 ini.

Kepala Kementerian Agama Kota Kendari Samsuri

Samsuri

Saat ini 453 calon jamaah untuk tahun 1438 Hijriah, dengan adanya pengembalian kuota 20 persen dan penambahan dari 10.000 jamaah dari pemerintah Arab Saudi.

“Kita berharap Propinsi Sultra dan khususnya Kota Kendari mendapatkan tambahan porsi, sehinggah jamaah kita yang begitu panjang antriannya bisa secepatnya berkurang,” kata Samsuri di kantornya, Rabu (25/1/2017).

Sampai hari ini, pihaknya belum menerima tambahan kuota haji dari Kementerian Agama RI. Pihaknya tetap menunggu tambahan kuota haji seperti yang dijanjikan Pemerintah Pusat pasca adanya penetapan biaya haji dan kemudian di dalamnya penentuan tambahan per Provinsi.

Dia memaparkan, penambahan kuota ini sebetulnya adalah pengembalian kuota dari tiga tahun sebelumnya. Selama tiga tahun dikurangi 20 persen, akibat adanya rehabilitasi berat Masjid di Mekah yang selalu ditempati sebelum menunaikan ibadah di Ka’bah.

“Setelah sudah selesai proses perbaikan dan di perluas, sekarang di kembalikan lagi jumlahnya. Kemudian Pemerintah Arab Saudi memberikan lagi tambahan 10.000 jamaah yang akan di bagikan di Provinsi dan Kabupaten/Kota masing-masing,” jelasnya.

Berita Terkait : Kuota Haji 2017 Kota Kendari Dipastikan Bertambah

Menurutnya, jamaah calon haji yang masuk nomor ada 453 untuk Kota Kendari itu. Mereka sementara mengurus administrasi, passpor, kemudian persyaratan-persyaratan lainnya yang terkait dengan data-datanya serta persiapan atribut-atribut haji.

“Keberangkatan calon jamah haji itu setelah Lebaran Idul Fitri tetapi soal tanggal belum dikeahui. Sedangkan anggaran ONH sampai hari ini belum ada penetapannya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, daftar tunggu calon jamaah haji untuk kota kendari yang mencapai 8000 lebih pendaftar. Daftar antriannya itu sampai 23 tahun mendatang. (C)

 

Reporter : Kasman
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com