iklan zonasultra

Kementan Salurkan 5 Ton Bibit Padi Organik di Buton Utara

Kementan Salurkan 5 Ton Bibit Padi Organik di Buton Utara
PENYERAHAN BIBIT - Bupati Buton Utara, Abu Hasan, saat menyerahkan secara simbolis benih padi organik varietas Ciherang kepada kelompok tani di Desa Laeya Kecamatan Wakorumba Utara, Minggu (29/12/2019). (Foto Istimewa).

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Kementerian Pertanian RI menyalurkan bantuan bibit padi ladang varietas Ciherang, sebanyak lima ton lebih untuk petani di Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara. Bantuan ini untuk mendukung program pengembangan padi organik di Buton Utara.

Kepala Dinas Pertanian Butur, Sahrun Akri, menjelaskan terdapat 205 hektare lahan petani yang siap untuk ditanamkan benih yang tersebar di beberapa kecamatan. Tiap hektare nya, akan ditanami 25 kilogram (kg) bibit padi.

“Kita banyak lahan kering, untuk padi ladang maka kita dibantu dengn benih. Benih unggul itu,” ungkap Sahrun Akri, ditemui usai peresmian gedung serbaguna dan penyerahan secara simbolis benih padi kepada kelompok tani di Desa Laeya Kecamatan Wakorumba Utara, Minggu (29/12/2019).

iklan zonasultra

Di wilayah tersebut, kata Sahrun, tercatat kurang lebih 40 hektare lahan yang siap digarap khusus untuk varietas ciherang. Itu tidak termasuk lahan yang digunakan untuk padi ladang lokal, yang juga diprogramkan oleh pemda Butur sejak tahun 2017 lalu.

“Itu hanya untuk padi ladang. Bukan untuk padi lokal. Ini untuk ladang yang tahun lalu dipakai untuk padi organik. Tahun ini mereka buka lagi, tapi kita tidak sentuh dengan padi lokal,” katanya menambahkan.

Bupati Butur, Abu hasan, berharap, bantuan tersebut bisa mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk mewujudkanya, tentu harus pula dibarengi dengan kerja keras.

“Pemerintah bekerja, rakyat bekerja, sebagai upaya meningkatkan pendapatan masyarakat, maka desa kita akan lebih maju,” tutur Abu Hasan.

Plt Kepala Desa Laeya, Laode Salama, mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih atas segala dukungan dan perhatian dari pemerintah daerah Butur. Ia mengaku, akan terus mendukung program-program jitu dari pemerintah daerah tahun 2020 nanti dan di masa-masa yang akan datang.(b)

 


Kontributor: Irsan R
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib