iklan zonasultra

Kenakan Pakaian Adat, Ribuan Peserta Defile Ramaikan Perayaan HUT Kolaka

Kenakan Pakaian Adat, Ribuan Peserta Defile Ramaikan Perayaan HUT Kolaka
HUT KOLAKA - Kabupaten Kolaka kini genap berusia 60 tahun. Perayaan hari ulang tahun (HUT) kabupaten dengan julukan Bumi Mekongga ini berlangsung meriah di Alun-Alun 19 November Kolaka, Sabtu (29/2/2020). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Ribuan peserta defile meramaikan perayaan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Kolaka ke-60. Sebelum pelaksanaan upacara, perayaan hari jadi kabupaten dengan julukan Bumi Mekongga diawali dengan pawai peserta defile.

Dalam perayaan HUT ke-60 yang dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas ini berlangsung semarak dan meriah di Alun-Alun 19 November Kolaka, Sabtu (29/2/2020). Para peserta yang melintasi panggung kehormatan, berbalut pakaian yang terbuat dari kain tenun khas Mekongga. Selain itu, pakaian adat dari berbagai kerukunan masyarakat dan atraksinya turut menyemarakkan kegiatan tersebut.

Peserta defile ini terdiri dari barisan 12 kecamatan, barisan instansi pemerintahan, organisasi pemuda, majelis taklim, PT Antam Tbk, TNI, Polri, Basarnas, dan 12 kerukunan masyarakat seperti Bulukumba, Bone, Muna, Luwu, Batak, Sindereng Rappang (Sidrap), Wajo, Jeneponto, Jawa, Moronene, Selayar, dan Soppeng yang ada di Wonua Sorume.

Berbagai atraksi kebudayaan ditampilkan di depan Wagub Sultra, Lukman Abunawas, Bupati Kolaka, Ahmad Safei, Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin, Anggota DPRD Sultra, Parmin Dasir, Ketua DPRD Kolaka, Sainal Amrin, Forkopimda, PT Antam Tbk, dan pejabat pemerintahan serta instansi vertikal lainnya.

Kenakan Pakaian Adat, Ribuan Peserta Defile Ramaikan Perayaan HUT KolakaWagub Sultra, Lukman Abunawas mengatakan dalam sambutannya, sejarah tidak akan pernah dilupakan, karena dengan adanya masa lalu menuntut masyarakat untuk bersatu dalam membangun kesejahteraan. ” Semoga Kolaka di usianya yang ke-60 ini tetap aman dan kondusif, sehingga semakin maju dan sejahtera,” ujarnya.

Lukman Abunawas menambahkan dari tahun ke tahun Kolaka semakin memberikan gambaran perbaikan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini tentunya, tidak terlepas dari kerjasama antara pemerintah, swasta, dan masyarakatnya.

Ia menginginkan Pemerintah Kabupaten Kolaka terus berinovasi dan berkreasi dalam membuat terobosan-terobosan pembangunan, khususnya mengelola dan mengembangkan potensi yang dimiliki daerah setempat. Agar masyarakat semakin maju berkeadilan dan sejahtera.

Untuk diketahui, perayaan HUT Kolaka ke-60 ini telah dilakukan serangkaian acara seperti pameran, lomba pentas kesenian, dan olahraga. Kegiatan-kegiatan tersebut diikuti dari berbagai sekolah, kerukunan masyarakat, dan instansi pemerintah, instansi vertikal, swasta, dan perbankan. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib