iklan zonasultra

Kenali 5 Perbedaan Oven dan Microwave sebelum Memilih untuk Membelinya

Kenali 5 Perbedaan Oven dan Microwave sebelum Memilih untuk Membelinya!
Sumber : matanaga.com

Jika dilihat secara fisik, oven dan microwave memang memiliki bentuk yang hampir sama. Tak heran jika banyak orang sering banget kesulitan untuk membedakan kedua alat dapur ini. Sebenarnya kedua alat ini memiliki fungsi yang berbeda, oven sendiri berfungsi sebagai alat pemanggang makanan sedangkan microwave digunakan untuk pemanas makanan.

Tak hanya dari segi fungsional saja melainkan jenisnya pun juga hampir sama. Jadi, buat kamu yang ingin sekali memiliki salah satu dari alat dapur ini perlu tahu apa saja perbedaannya. Untuk itu, yuk simak sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara oven dan microwave di sini!

  1. Cara Kerja

Kenali 5 Perbedaan Oven dan Microwave sebelum Memilih untuk Membelinya!
Sumber : resepkoki.id

Oven menggunakan daya listrik dan gas sebagai sumber utama ketika memanaskan makanan. Lalu , suhu panas tersebut akan disebarkan secara merata pada masakan supaya menjadi matang. Di dalam oven ini terdapat sebuah kipas yang berfungsi sebagai penyebar suhu panas ke makanan supaya matangnya merata.

iklan zonasultra

Sedangkan untuk microwave menggunakan hasil dari sebuah radiasi gelombang mikro elektromagnetik sebagai sumber energi untuk memanaskan makanan. Gelombang mikro ini akan bergerak serta saling bertabrakan di dalam microwave dan akan menimbulkan panas pada makanan.

2. Energi Listrik yang Dibutuhkan

Kenali 5 Perbedaan Oven dan Microwave sebelum Memilih untuk Membelinya!
Sumber : idntimes.com

Dalam proses mematangkan makanan, oven memerlukan waktu yang cukup lama. Jadi, tak heran jika energi yang dibutuhkannya pun lebih besar daripada microwave. Sebab, oven sendiri membutuhkan waktu untuk penyebaran panas yang dihasilkannya ke seluruh sudut di dalam oven.

Sebenarnya oven membutuhkan daya listrik yang tidak terlalu besar. Hanya saja proses oven untuk membuat makanan menjadi matang merata itu membutuhkan waktu, jadi tak heran jika oven memakan daya listrik yang cukup besar.

Sedangkan untuk microwave justru lebih cepat dalam proses mematangkan makanan hanya saja daya listrik yang dibutuhkan menjadi cukup besar karena untuk menghasilkan gelombang mikro yang banyak. Jadi, bisa dikatakan bahwa besar kecilnya kebutuhan listrik tergantung bagaimana kamu menggunakan kedua alat tersebut.

3. Perbedaan Ukuran

Kenali 5 Perbedaan Oven dan Microwave sebelum Memilih untuk Membelinya!
Sumber : Shopee Indonesia

Oven memiliki ukuran yang bermacam-macam mulai dari terbesar hingga terkecil. Khususnya untuk oven listrik jika memiliki bentuk yang semakin kecil, maka daya listrik yang diperlukan juga semakin kecil. Oven berukuran besar biasanya digunakan oleh para chef dan hotel untuk menghidangkan makanan dalam jumlah yang besar pula seperti, pizza, ayam panggang dan lainnya.

Karena microwave didesain hanya digunakan sebagai pemanas makanan saja ukuran yang dimilikinya pun tak lebih dari 30 liter. Jadi, tak hanya fungsi saja yang berbeda dari microwave dan oven, melainkan ukurannya juga.

4. Penggunaan Microwave dan Oven

Kenali 5 Perbedaan Oven dan Microwave sebelum Memilih untuk Membelinya!
Sumber : 99.co

Oven memiliki sebuah fitur yang dapat mengatur suhu dan waktu yang dapat ditentukan oleh pengguna ketika ingin memasak. Perhatikanlah ketika memasak menggunakan oven diperlukan wadah yang tahan panas ya! Tergantung dari segi jenis dan ukuran penggunaan oven berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

Jika jenis dan ukuran oven digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna, berbeda dengan microwave yang cenderung lebih simpel dalam penggunaannya. Kamu hanya perlu mengatur berapa lama yang dibutuhkan untuk memanaskan makanan, lalu biarkan dan tunggu hingga microwave selesai bekerja. Wadah yang digunakan untuk memanaskan makanan pada microwave tidak boleh sembarangan. Gunakanlah wadah khusus untuk food processing.

5. Hasil Masakan

Kenali 5 Perbedaan Oven dan Microwave sebelum Memilih untuk Membelinya!
Sumber : food.detik.com

Dari segi fungsi saja sudah berbeda apalagi masakan yang dihasilkannya. Jelas sekali sebelumnya jika microwave berfungsi sebagai pemanas makanan dan oven untuk mematangkan masakan.

Makanan yang dimasak menggunakan oven akan lebih renyah dan matang merata, sedangkan untuk microwave menjadi kering pada bagian luar serta lebih sulit untuk matang. Memasak menggunakan microwave menghilangkan kadar air dalam makanan. Jadi, bisa dikatakan bahwa microwave kurang efektif dalam hal memasak makanan dan tentunya membutuhkan waktu lama supaya makanan matang merata.

Itulah, sedikit perbedaan mengenai oven dan microwave. Bisa dibilang microwave adalah perkembangan dari oven. Sudah banyak jenis dan merk dari microwave seperti, Sharp microwave, LG microwave, Panasonic microwave dan lainnya. Setelah mengetahui perbedaan diatas, kini kamu bisa langsung memilih alat mana yang ingin dibeli dan pas sesuai dengan kebutuhan, So jangan salah pilih ya !

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib