Tampilan Desktop



Kenalkan Islam Universal, IAIN Kendari Gelar Seminar Islam dan Kearifan Lokal
77 Dibaca

Kenalkan Islam Universal, IAIN Kendari Gelar Seminar Islam dan Kearifan Lokal

SEMINAR – Rektor IAIN Kendari Nur Alim ( duduk tengah) memberikan keterangan pers Kamis (23/3/2017) di Aula Senat IAIN, terkait konferensi internasional bertema ” Islam dan Kearifan Lokal” yang akan dilaksanakan April 2017 mendatang. (Tahir Ose/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar seminar internasional dengan tema “Islam dan Kearifan Lokal”.

Seminar  akan dilaksanakan 25 hingga 28 April 2017 mendatang. Dalam penyelenggaraan seminar internasional IAIN Kendari bekerjasama dengan Souteast Asia Academic Mobility (SEAAM) sebuah organisasi pendidikan  beranggotakan 16 perguruan tinggi terkemuka di Asia Tenggara  meluncurkan kumpulan tulisan ” Islam dan Kearifan Lokal”.

Rektor IAIN Kendari Nur Alim menjelaskan Islam dan kearifan lokal diharapkan dapat mendorong pengembangan kualitas kehidupan keberagaman yang berbasis pada  prinsip hidup masyarakat setempat.

seminar_iain1Universalisme Islam mampu menghargai dan dapat bersikap arif  terhadap tradisi dan nilai lokal.  ” Islam diharapkan sebagai corong kebudayaan benar-benar menghargai kearifan lokal  sebagai bentuk penghargaan terhadap hak kebergaman budaya,” terang Nur Alim di Kendari Kamis siang, saat memberikan keterangan pers terkait kegiatan konfrensi internasional.

Diharapkan islam dan kearifan lokal menuntun transformasi masyarakat agar tidak tercerabut dari akarnya

“Islam sangat boleh dijumpakan dengan kearifan lokal. Islam sangat menghargai  keberagamaan.  Sehingga dari waktu ke waktu Islam mendapat tempat yang lebih baik di masyarakat,” tambah Nur Alim.

Konferensi internasional juga akan menghadirkan  pembicara  internasional dari beberapa negara antara lain dari Universitas Sultan Zainal Abidin (Unisza) Malaysia dan University Brunai Darussalam.

Seminar internasional ini juga sebagai rangkaian ulang tahun emas IAIN Kendari. Rangkaian kegiatan bersifat akademik dan sosial berlangsung selama sebulan hingga di hari puncak milad pada 28 April 2017.(*)

 

Reporter: Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com