iklan zonasultra

Kenalkan Program Caregiver, ITK Avicena Kendari Teken MoU dengan Perusahaan Jepang

Kenalkan Program Caregiver, ITK Avicena Kendari Teken MoU dengan Perusahaan Jepang
MoU - Institut Teknologi Kesehatan (ITK) Avicenna Kendari resmi menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan perusahaan asal Jepang PT Kaikoukai Health Care Corporation di Kendari, Sabtu (24/11/2018). (M1/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Institut Teknologi Kesehatan (ITK) Avicenna Kendari resmi menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan perusahaan asal Jepang PT Kaikoukai Health Care Corporation di Kendari, Sabtu (24/11/2018). Kerjasama ini bertujuan mengenalkan mahasiswa dan dosen soal program caregiver.

Caregiver adalah profesi khusus yang menangani masalah keperawatan lansia di luar disiplin ilmu keperawatan medik logis yang umum. Artinya, seorang caregiver juga bertanggung jawab memberi perhatian dan kasih sayang pada klien yang ditanganinya.

Perjanjian ini akan langsung ditindaklanjuti dengan mengirim alumni ITK Avicenna magang di ruang perawatan lansia di rumah sakit di Jepang dengan kontrak 3 – 5 tahun dan gaji sebesar Rp18 juta per bulan.

iklan zonasultra

“MoU ini kami akan tindak lanjuti dengan melakukan seleksi alumni ITK Avicenna sebanyak 20 orang sebagai angkatan I untuk diberi kuliah dan praktek dengan modul keperawatan gerontik oleh ibu Chieko Kawai bersama tim, selama 6 hari,” tutur Direktur ITK Avicenna Kendari Marzuki Hanafi Bantayan di tempat kegiatan.

Selanjutnya, pada akhir pembelajaran akan dipilih 7 orang yang terbaik untuk dikirim ke Lembang Bandung untuk belajar bahasa Jepang. Setelah fasih bahasa Jepang barulah diberangkatkan ke Jepang untuk bekerja selama 3 tahun.

Angkatan kedua dibutuhkan 60 orang alumni D-III, S-I dan profesi keperawatan serta D-III kebidanan, penerimaan pendaftaran sebanyak 100 orang dari berbagai PTN/PTS maupun dari SMK keperawatan dan kebidanan.

Menurut Marzuki, profesi caregiver di Indonesia terbilang langka karena rata-rata umur orang Indonesia terbilang pendek, yaitu maksimal sekitar 60 tahun dibandingkan dengan Jepang yang rata-ratanya mencapai umur 80 tahun lebih. (/b)

 


Penulis: M1
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib