Honda

Kepala Dinas Kolaka Diminta Rajin Koordinasi ke Kementerian

Kepala Dinas Kolaka Diminta Rajin Koordinasi ke Kementerian
MUSRENBANG KOLAKA - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah ( RKPD) Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Kolaka yang digelar di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Rabu (28/3/2019). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kabupaten Kolaka diminta untuk aktif dan rajin melakukan koordinasi, konsultasi, dan komunikasi ke kementerian masing-masing.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Bappeda Provinsi Sultra I Gede Panca saat menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kolaka Tahun 2020, di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Kamis (28/3/2019).

(Baca Juga : Usulan Program Musrenbang di Kolaka Capai Angka Lima Triliun)

iklan zonasultra

Menurutnya, keaktifan kepala dinas dalam mencari sumber bantuan pembiayaan sangat dibutuhkan. Sehingga, tidak hanya mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja daerahnya saja.

Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin mengaku kepala dinas sangat rajin ke Jakarta, bahkan mengalahkan rajinnya bupati dan wakil bupati. Jayadin tidak mempersoalkan hal tersebut, sepanjang tugas dinas itu membawa aspirasi dan proposal yang sudah disepakati demi kepentingan masyarakat.

(Baca Juga : Benahi Jalan, DPRD Kolaka Minta Dinas PU Libatkan Instansi Lain)

“Tidak apa sering-sering lagi ke sana, kalau perlu lebih sering lagi. Yang penting mendapatkan hasil,” ujar Jayadin yang mendapatkan tepuk tangan dari peserta yang hadir dalam kegiatan musrenbang.

Dia menyebut, bila perlu kepala dinas melakukan kunjungan dengan kepala Bappeda Sultra maupun Bupati dan wakil bupati dalam rangka membangun dan menjalin komunikasi dengan pihak kementerian dan lembaga lainnya di Jakarta. Dengan adanya pengawalan dan penguatan, diharapkan bisa membuka kesempatan bagi Kolaka untuk mendapatkan bantuan anggaran dari kementerian.

“Jangan jalan sendirian, kita tidak tahu apa yang Anda lakukan di sana. Seingat saya selama saya menjabat wakil bupati baru satu sampai dua kepala dinas yang mengajak jalan bersama-sama menyampaikan proposal,” jelas Jayadin.

Selain itu, bila ada pelatihan maupun kegiatan di pusat, kata Jayadin, bupati menekankan agar kepala dinas memberikan peluang dan kesempatan tersebut kepada stafnya. Sehingga, terjadi peningkatan kualitas sumber daya manusia.

(Baca Juga : Tahun Ini Dinas Perumahan Kolaka Bangun Perumahan PNS)

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kolaka Hasbi Mustafa juga mengharapkan kepada kepala dinas untuk membuat gerakan-gerakan yang tidak bertentangan dengan undang-undang dalam mencari celah untuk mendapatkan anggaran dari kementerian. Mereka jangan hanya menggunakan bahkan sampai memperebutkan dan memperkelahikan anggaran yang sudah ada di dalam keranjang.

“Mereka harus punya inisiatif, itu yang selalu kita tekankan selama ini, khususnya kepada mitra kami di komisi III,” ujar Hasbi. (B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib