iklan zonasultra

Kerja Bakti Massal, 10 Ton Sampah Diangkut dari Pasar di Kolut

Kerja Bakti Massal, 10 Ton Sampah Diangkut dari Pasar di Kolut
KERJA BAKTI - Sekitar 10 ton sampah dikumpulkan lalu diangkut dalam kerja bakti massal di Pasar Tradisional Desa Beringin, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), pada Selasa(18/6/2019). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,LASUSUA – Sekitar 10 ton sampah dikumpulkan lalu diangkut dalam kerja bakti massal di Pasar Tradisional Desa Beringin, Kecamatan Ngapa, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), pada Selasa(18/6/2019).

Kegiatan itu dilaksanakan oleh gabungan personel Polsek Ngapa, Polsek Kodeoha, anggota Pramuka, Koramil Pakue, serta pemerintah setempat. Kegiatan bersih-bersih sampah itu dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 pada tanggal 1 Juli 2019 mendatang.

Kapolsek Ngapa Ipda Adianto mengatakan kegiatan bakti sosial (baksos) dilakukan serentak setiap wilayah kecamatan di Kolut, namun baksos tersebut fokus pada pembersihan sarana umum seperti masjid, lapangan bola, dan pasar tradisional.

iklan zonasultra

Baca Juga : Dapat Tambahan Mesin, PLN Kolut Upayakan Tak Ada Lagi Pemadaman Bergilir

“Kegiatan ini untuk menyambut HUT Bhayangkara ke 73 dimana kegiatan fokus untuk pembersihan seperti pasar dan tempat umum lainnya,” kata Adianto.

Tujuan kegiatan tersebut untuk menciptakan lingkungan yang bersih, khususnya dari sampah plastik di Kecamatan Ngapa dengan cara menyusuri setiap jalan di sekitar pasar tersebut kemudian memungut sampah yang berserakan.

Mereka yang terlibat kegiatan memungut sampah yang ada di jalan bahkan menggali got yang sudah tertimbun sampah. Kemudian disiapkan satu mobil truk mengangkut sampah tersebut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Sampah yang berhasil kita angkut mulai dari lapangan dan sekitar pasar, kita lihat sudah lama tidak pernah dibersihkan sampai got tertutup sampah plastik,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Ngapa, Syarifuddin mengatakan pembersihan tersebut sebagai persiapan menyambut HUT Bhayangkara yang akan dipusatkan di Kecamatan Ngapa nantinya. Selain itu, juga akan menumbuhkan rasa kepedulian sosial terhadap masyarakat, termasuk dalam menertibkan limbah rumah tangga masing-masing.

“Baksos ini sebagai langkah awal untuk persiapan rencana kegiatan HUT Bhayangkara dipusatkan di Kecamatan Ngapa,” ucapnya.

Ia mengingatkan kepada masyarakat sekitar Ngapa, khususnya Desa Beringin agar punya kesadaran terkait menjaga lingkungan tetap bersih dan nyaman. (C)

 


Kontributor: Rusman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib