iklan zonasultra

Kery-Gusli Resmi Menangi Pilbup Konawe

Kery-Gusli Resmi Menangi Pilbup Konawe
PILBUP KONAWE - Tiga Komisioner KPUD Konawe menyerahkan berita acara pleno kepada Ketua Tim Pemenangan Bupati Terpilih, H.Ardin. Serta penyerahan dokumen yang sama juga diberikan kepada kandidat pemenang yang diterima oleh Wakil Bupati terpilih Gusli Topan Sabara, Minggu (12/8/2018) dalam rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih 2018-2023. (Dedy Finafiskar/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Perjuangan panjang dan melelahkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara (KSK-GTS) berakhir indah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menetapkan pasangan ini sebagai bupati dan wakil bupati Konawe terpilih periode 2018-2023.

Penetapan ini berdasarkan Rapat pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minggu (12/8/2018) di salah satu hotel di Kota Unaaha. Berdasarkan agenda KPUD Konawe, pleno itu harusnya diikuti semua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang ikut bertarung dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) lalu.


Namun berdasarkan pantauan zonasultra.com, dua paslon yang kalah suara yakni H.Litanto-Hj.Murni Tombili (Berlian-Murni) dan Muliati Saiman-H.Mansur (Musim) tak terlihat hadir. Tiga komisioner KPUD yakni Muhamad Azwar, Armanto Arsad dan Andang Masnur memimpin jalannya pleno.

“Dalam rapat pleno ini, Paslon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 4, Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara resmi ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2018-2023. Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan KPU Konawe No.29/PL.03.7-Kpt/7402/KPU-Kab/VIII/2018 dengan jumlah perolehan suara sebanyak 65.766 atau 48.32 persen,” terang Ketua KPUD Muhamad Azwar.

Usai pembacakan hasil penetapan, tiga Komisioner KPUD Konawe langsung menyerahkan berita acara pleno kepada Ketua Tim Pemenangan Kery-Gusli. Serta penyerahan dokumen yang sama juga diberikan kepada kandidat pemenang yang diterima oleh Wakil Bupati terpilih Gusli Topan Sabara.

(Baca Juga : Menang di MK, Kery Kembali Jabat Bupati Konawe)

“Dengan ini, prosesi tahapan Pilkada Konawe telah selesai. Selanjutnya, diserahkan ke pemerintah untuk mempersiapkan prosesi pelantikan,” jelas Ketua KPUD Konawe.

Untuk diketahui, pada 5 Juli 2018 lalu KPUD telah menetapkan hasil perolehan suara 4 pasangan Calon yang bertarung di Pilbup Konawe dimana paslon nomor urut 1 Musim memperoleh 2.903 suara atau 2.13 persen. Paslon nomor urut 2 Berlian Murni memperoleh 27.564 suara atau 20.25 persen. Sementara paslon nomor urut 3, H.Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra (Berhijrah) memperoleh 36.816 suara. atau 27.05 persen. Dan paslon nomor urut 4 Kery-Gusli memperoleh 65.766.suara atau 48.32 persen.(B)

 


Reporter : Dedi Finafiskar
Editor : Abdi MR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib