iklan zonasultra

Kery Minta Anggota BPD Sukseskan Pilkades Serentak

Kery Minta Anggota BPD Sukseskan Pilkades Serentak
PELANTIKAN - Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa didampingi Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara. Saat melantik 1.190 orang anggota BPD dari 238 Desa Konawe di pelataran kantor bupati, Sabtu (17/8/2019). (Restu Tebara/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa melantik 1.190 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 238 desa yang ada di daerah itu, di pelataran kantor bupati, Sabtu (17/8/2019).

Dalam sambutannya, Kery berharap agar BPD yang baru saja mengemban tugas sebagai mitra kepala desa (Kades) dapat bersinergi menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa sehingga program dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) dapat digunakan dengan baik.

Iklan Zonasultra

“Saya berharap agar saudara-saudara segera menyesuaikan, apa lagi pada Oktober mendatang kita akan menggelar pilkades serentak di 130 desa. Saya ingin saudara sukseskan pesta demokrasi itu,” kata Kery.

Ia berpesan agar mereka yang baru saja diambil sumpah dan janjinya tidak hanya menjadi “tukang stempel” untuk memberikan legitimasi terhadap kebijakan penggunaan anggaran dana desa oleh kepala desa, maupun kebijakan publik yang diambil kades.

(Baca Juga : Ini Alasan Honor Aparat Desa di Konawe Belum Dibayarkan)

Kery menyebut, posisi BPD di tingkat desa merupakan lembaga legislatif yang bertugas mengawal kebijakan kepala desa dalam segala hal, serta menjadi corong aspirasi masyarakat desa terkait kebijakan.

“Jangan mau jadi tukang stempel kepala desa untuk memberikan legitimasi kepada mereka, kalin adalah fungsi kontrol dari kebijakan kepala desa,” ujarnya.

Kery berjanji Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe terus memperbaiki sistem dan tata kelola keuangan daerah agar honor kepala desa dan aparatnya bisa segera diselesaikan. (b)

 


Kontributor: Restu Tebara
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib