iklan zonasultra

Kesbangpol Sebut Pilkades Serentak di Mubar Rawan Konflik

Kepala Kesbangpol Mubar, La Ode Andi Muna
La Ode Andi Muna

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak bulan Desember 2019 ini rawan konflik antar sesama masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kepala Kesbangpol Mubar, La Ode Andi Muna saat ditemui di kantornya, Rabu (4/12/2019). Kata dia, berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak kepolisian bahwa Pilkades 2019 di Kabupaten Mubar rawan terjadi konflik.

“Jadi Pilkades Serentak 2019 di Mubar dipastikan semua wilayah rawan konflik. Sebab, banyak yang punya kepentingan dalam pilkades ini,” kata Andi Muna.

iklan zonasultra

Dia selaku panitia Pilkades Kabupaten Mubar terus melakukan sosialisasi di masyarakat, untuk memberikan pemahaman agar menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing. Selain itu, dirinya juga mengajak seluruh panitia desa untuk bekerja dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar pilkades ini dijaga bersama-sama.

Baca Juga : Jelang Pilkades, Wabup Mubar Imbau Balon Kades Jaga Kamtibmas

“Sejauh ini, memang sudah ada beberapa desa yang muncul dan berpotensi konflik yakni Desa Lindo Kecamatan Wadaga, Desa Katela, dan Desa Wandoke Kecamatan Tikep. Kenapa saya katakan berpotensi konflik, karena saya melihat ada pada posisi panitia yang tidak melakukan pendalaman regulasi yang kurang difahami betul,” tuturnya.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh panitia dan masyarakat untuk bersama-sama bagaimana menyelesaikan masalah yang ada, agar dapat meminimalisir supaya tidak terjadi kerawanan yang diragukan ini. Andi Muna juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di Mubar, agar tidak terjadi konflik.

“Saya mengajak seluruh masyarakat, mari kita kawal secara bersama-sama pilkades serentak ini, agar dapat membantu pemerintah mensukseskan kegiatan ini tanpa terjadi konflik ditengah masyarakat. Kita (Mubar) sudah berpengalaman dalam melaksanakan pilkada, pilgub dan pemilu dengan aman dan sukses. Dan ini semua kesadaran masyarakat untuk menjaga bersama keamanan dan nyamanan daerah yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 di Mubar akan dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2019 mendatang. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib