iklan zonasultra

Kesbangpol Sultra Upayakan Pemilu 2019 Berjalan Lancar

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sultra Muhamad Djudul
Muhamad Djudul

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019 mendatang berjalan lancar dan damai.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sultra Muhamad Djudul mengatakan pihaknya sudah menggelar pertemuan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), komisi pemilihan umum (KPU), badan pengawasan pemilu (bawaslu), badan kesbangpol kabupaten/kota. Termasuk sejumlah BUMN seperti Telkomsel, PLN, SAR, BMKG serta pihak stakeholder lainnya yang terlibat.

Iklan Zonasultra

Upaya yang dilakukan Kesbangpol Sultra, misalnya dengan meminta kepada pihak Telkomsel agar memastikan saat H-1 pemilihan dan pasca perhitungan suara jaringan dapat stabil, agar pelaporan KPU tidak menemui kendala.

Selain itu, kepada pihak PLN Kesbangpol Sultra telah meminta agar jaringan listrik dapat berjalan normal dan tidak ada pemadaman, terkecuali ada kejadian di luar perencanaan. Kepada seluruh kesbangpol kabupaten/kota juga diminta untuk tetap melakukan pemantuan di lapangan guna menjaga timbulnya konflik jelang pencoblosan.

“Kepala daerah juga diharapkan, tetap menjaga stabilisasi keamanan daerahnya masing-masing. Sebab, ini semua merupakan permintaan langsung dari pa Gubernur,” jelasnya, saat dijumpai di Bandara Haluoleo Kendari, Rabu (3/4/2019).

Selain itu, kepala daerah diharapkan untuk membantu proses penyaluran kertas suara atau logistik pemilihan khususnya wilayah kepulauan agar tidak terjadi permasalahan.

Lanjut dia, Pertamina diharapkan pada H-1 sampai perhitungan suara stok Bahan Bakar Minyak (BBM) terjaga dan tidak ada kelangkaan.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat, agar tetap menjaga keamanan lingkungan sekitar dengan tidak terlibat situasi politik yang dapat menimbulkan konflik di masyarakat.

“Insyaallah Sultra cukup kondusif dan aman. Hasil evaluasi kemarin, tidak ditemukan masalah yang cukup berarti jelang pemilihan ini, namun tentu kita tetap siap siaga ketika ada kemungkinan konflik terjadi, misalnya yang agak rawan itu saat perhitungan suara Pilcaleg kabupaten/kota,” tukasnya. (C)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib