iklan zonasultra

Kiprah ANTAM untuk Korban Banjir di Konut

Kiprah ANTAM untuk Korban Banjir di Konut
BANTUAN - Tim PT Antam saat menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Konut sebanyak 5 tahap. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Musibah banjir bandang yang melanda Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2 Juni lalu menjadi perhatian besar PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk untuk ikut andil dalam misi kemanusiaan bersama pemerintah, TNI, Polri dan pihak relawan lainnya.

Terbukti, sejak bencana alam menerpa kecamatan Motui, Asera, Andowia, Oheo, Landawe, Langgikima dan Wiwiriano, perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan nikel ini menggerakkan puluhan personilnya turun membantu evakuasi para korban yang terdampak. Baik itu baik bantuan kesehatan maupun logistik.

Baca Juga : PT ANTAM UBPN Sultra kembali menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Konut

iklan zonasultra

Sejak tanggal 3 Juni lalu, sudah lima kali PT ANTAM Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sultra menyalurkan bantuan logistik bagi pengunsi korban banjir di Konut.

Bantuan yang disalurkan berbagai macam dengan jumlah ribuan dalam bentuk paket diantaranya, beras, air mineral, mie instant, selimut, sarung susu, popok bayi, pembalut wanita, terpal, telur, gula pasir, biskut gabin, ikan kaleng, teh, kopi sachet, obat-obatan, pakaian wanita, laki-laki, anak-anak, dan kebutuhan hidup pengungsi lainnya.

General Manager UBPN Sultra Khaidir Said saat melepas bantuan perdana bantuan banjir di Konut 3 Juni lalu mengaungkapkan, dengan kerja cepat dan nyata, PT ANTAM selalu berupaya terdepan dalam membantu masyarakat yang terkena dampak bencana banjir di Konawe Utara.

“Begitu kami mendapat informasi adanya bencana banjir di Konut, tim kami di pomalaa, kolaka kooridinasu tim yang berada di Kabupaten Konut langsung bergerak cepat untuk memberikan bantuan dan tenaga,”tegas Khaidir Said saat melepas bantuan untuk korban bannjir di Konut beberapa waktu lalu, didampingi Vice President HC and CSR Kamsi, Comdev Assistant Manager H. Umar dan Public Relation Assistant Manager Dedy Supriyadi.

Aksi kemanusiaan yang dilakukan merupakan bentuk respon cepat PT Antam dalam penanggulangan bencana di Konut. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang sosial, bencana di Konut menjadi skala prioritas untuk meringankan beban korban bencana alam.

Baca Juga : Aksi Tanggap Darurat, PT Antam Bantu Korban Banjir Konut

“Kami dari ANTAM tak hanya memberikan bantuan saja, tapi pelayanan ekstra kami lakukan untuk membantu evkauasi masyarakat yang terkena bencana banjir bandang” tambah Vice President HC and CSR, Kamsi.

Aksi Tim Rescue ANTAM di Konut

Kiprah ANTAM untuk Korban Banjir di Konut
Tim Rescue PT Antam saat melakukan aksi gerak cepat melakukan evakuasi penanggulangan korban bencana banjir di 7 kecamatan.

Kontribusi di sektor sosial PT ANTAM UBPN Sultra terus ditingkatkan pascabencana banjir bandang di Konut. Tak tanggung-tanggung, perusahaan tambang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menurunkan tim penyelamatan dan evakuasi korban banjir.

ANTAM menyiagakan kapal speed dan mobil rescue di bawah komando Asisten Meneger Plan Safety, Simeon RURU. Bersama relawan lainnya, tim ini selalu bergerak cepat dan terdepan menyelematkan warga dari kepungan banjir.

Pasca runtuhnya jembatan Asera beberapa waktu lalu, kontribusi tim ini juga sangat besar. Mereka berusaha menyelamatkan warga yang terisoliasi banjir di Asera, Oheo, Landawe, Langgikima dan Wiwirano.

“Arus ombak yang kencang menjadi tantangan besar buat kami saat turun evakuasi. Namun karena niat kami tulus dan ikhlas untuk membantu saudara-saudara kita di konut semua dapat terlewati,” ujar Simeon.

Baca Juga : PT Antam Kemukakan Alasan Belum Bangun Smelter di Konut

Tim Rescue ANTAM berkomitmen 1 x24 jam terus membantu dan bekerjasama dengan pemerintah, TNI Polri melakukan pertolongan kepada warga korban banjir hingga kondisi di lokasi pulih dari rendaman banjir. Berkat mereka, ribuan warga terselamatkan.

Layanan Kesehatan ANTAM untuk Korban Banjir

Kiprah ANTAM untuk Korban Banjir di Konut
Tim medis PT Antam saat turun langsung memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat korban banjir di Kabupaten Konut.

Keberpihakan ANTAM terhadap kondisi masyarakat lagi-lagi patut diteladani oleh perusahaan-perusahaan penambang di Sultra. Kontribusinya terhadap penanganan banjir di Konut menjadi contoh yang baik bagi semua perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungannya.

Selain membantu logisitik dan relawan evakuasi, ANTAM juga menyiapkan layanan kesehatan bagi masyarakat di tujuh kecamatan yang terdampak banjir.

Misi kemanusiaaan yang dipimpin Assisten Manager Mining PT ANTAM, Mateus ini juga memiliki personel dokter dan perawat. Mereka diturunkan langsung ke posko-posko pengungsian untuk memberikan layanan pengobatan gratis. Dampaknya, ribuan nyawa warga Konut juga terselamatkan dalam misi ini.

Baca Juga : ANTAM Berbagi, Salurkan 1.500 Paket Sembako Gratis untuk Warga Pomalaa

“Bantuan yang kami berikan di tahap I dan II bersumber dari anggaran CSR ANTAM. Tahap III dari ANTAM Pusat di Jakarta dan UBPN Sultra dan tahap IV bersumber dari sumbangan Rescue ANTAM. Sementara tahap V dari Persatuan Wanita Aneka Tambang (PWAT) dan Mesjid Pomalaa Nurul Iman, Greja katolik Stasi Pomala. Semua bersatu untuk masyarakat konawe utara yang dilanda banjir,” kata Mateus.

Dia juga mengapresiasi peranan jajaran manajemen ANTAM yang terus mendorong mereka untuk berupaya maksimal dalam meberikan bantuan kemanusiaan bagi korban banjir di Konut. (*)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib