iklan zonasultra

KKN Tematik UHO di Busel, Mahasiswa Mitigasi Penyebaran Covid-19

KKN Tematik UHO di Busel, Mahasiswa Mitigasi Penyebaran Covid-19
PENYULUHAN - Penyuluhan promosi kesehatan dengan konsumsi Vitamin C (Foto istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Kabupaten Buton Selatan (Busel) Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak 5 Juni hingga 5 Juli 2020 lalu.

KKN Tematik kali ini terintegrasi dengan pengabdian pada masyarakat oleh Fakultas Farmasi (FF) UHO dengan tema “Penguatan Peran Warga Masyarakat dalam Mitigasi dan Adaptasi Menghadapi Wabah Covid-19,” di Kabupaten Buton Selatan.

Dosen pembimbing selaku koordinator adalah Nur Illiyyin Akib dan Halik. Kegiatan tahunan ini diikuti sebanyak 24 mahasiswa dari berbagai program studi, dengan sasaran masyarakat di Kabupaten Buton Selatan.

Nur Illiyyin Akib mengatakan dengan adanya kenaikan angka kejadian Covid-19 atau virus corona maka perlu upaya penyadaran dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam menghadapi wabah.

KKN Tematik UHO di Busel, Mahasiswa Mitigasi Penyebaran Covid-19
Sosialisasi dengan keluarga binaan

“Langkah yang kami ambil agar mengefisienkan kegiatan ini, setiap mahasiswa mendampingi satu keluarga di daerahnya masing-masing dan memberikan edukasi dan informasi mengenai upaya-upaya pencegahan Covid-19,” tutur Nur melalui siaran persnya, Selasa (21/7/2020).

Edukasi yang diberikan terdiri atas lima kegiatan. Pertama, Gerakan masyarakat hidup sehat (germas) yaitu penyuluhan pentingnya menjaga kebugaran tubuh dengan asupan nutrisi dan olahraga yang cukup. Kedua, penyuluhan cara penggunaan masker yang benar.

Ketiga, pembuatan taman obat keluarga dan cara mengolah tanaman obat menjadi jamu. Keempat, penyuluhan cara mencuci tangan dengan sabun. Kelima, penyuluhan cara penggunaan antiseptik dan pembuatan disinfektan.

Kegiatan KKN Tematik itu dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan massa, dan mengenakan masker.

“Mahasiswa harus bisa memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana seharusnya bersikap dalam kondisi pandemik Covid-19. Selain itu, dilakukan juga penyebaran leaflet langsung kepada masyarakat,” pungkasnya. (B)

 


Penulis: M1
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib