iklan zonasultra

KKN USN, Azhari Lepas 1.060 Mahasiswa ke Kolut

KKN USN, Azhari Lepas 1.060 Mahasiswa ke Kolut
KKN USN - Rektor USN Kolaka, Azhari membuka pembekalan mahasiswa program KKN di gedung Islamic Centre Kolaka, Selasa (7/8/2018). Kegiatan dirangkaikan langsung dengan acara pelepasan para mahasiwa ini menuju Kolut. (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Rektor Universiatas Negeri Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) melepas 1.060 orang mahasiswanya untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Selasa (7/8/2018).

Para mahasiswa ini direncanakan akan mulai berangkat menuju Kolut pada hari Rabu (8/8/2018, besok hingga tanggal 19 September nanti. Mereka akan melaksanakan program KKN di 77 desa yang tersebar di Kolut.

Dalam sambutannya di acara itu, Azhari menekankan agar para mahasiswa ini bertindak dengan membawa nama baik almamater mereka. Kata dia, para mahasiswa ini sudah telah memasuki fase kehidupan serius, sehingga tidak boleh lagi bertindak kekanak-kanakan.

“Berbuatlah yang terbaik di lapangan, membawa diri sebagai generasi yang membawa perubahan tanpa melukai hati siapapun. Banyak orang gagal dalam kehidupan karena tidak bisa membawa diri. Jadi, belajarlah tingkah laku yang baik,” pesan Azhari saat membuka pembekalan dan pelepasan mahasiswa KKN USN tahun ini di gedung Islamic Centre Kolaka.

Selain itu, Rektor termuda di Indonesia ini juga menjawab pemungutan biaya KKN yang sebelumnya dipersoalkan sejumlah mahasiswa di kampus itu. Dia menegeskan, bahwa kebijakan itu sudah sesuai dengan peraturan pemerintah dan memastikan pelaksanannya jauh dari upaya tindak pidana korupsi.

Sebab, seluruh anggaran yang dibebankan kepada mahasiswa, pada dasarnya masih tidak cukup untuk membiayai kegiatan mereka selama program KKN berlansung.

“Nilai yang dibebabankan itu digunakan untuk biaya makan dan operasioanl para mahasiswa itu sendiri selama KKN. Bahkan dananya itu tidak cukup,” terang Azhari.

(Baca Juga : 315 Mahasiswa USN Kolaka Diwisuda, Ini Dia Wisudawan Terbaik Tahun Ini)

Kedepan, dia berharap agar penetapan biaya KKN itu bisa disepakati langsung dengan mahasiswa, atau kalau perlu para mahasiswa sendiri lah yang akan mengusulkan besaran biayanya dengan memperhitungkan semua beban pembiayaan yang akan dilakukan selama program KKN.

“Saran, kedepan mahasiswa dibiarkan menghitung sendiri biaya KKN. Itu bisa dilakukan dengan menyepakatinya di tingkatan fakultas,” katanya.

Sementara itu, ketua pnitia penyelenggara KKN USN Kolaka tahun 2018 Munajam mengungkapkan, para mahasiswa ini akan disebar di sembilan kecamatan yang ada di Kolut, yakni kecamatan Kodeoha, Tiwu, Ngapa, Watunohu, Pakue, Pakue Tengah, Pakue Utara, Batu Putih dan Tolala.

“Tujuannya untuk mengimplementasikan semua disiplin ilmu yang sudah pernah dipelajari di bangku kuliah,” katanya. (*)

 


Penulis : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib