KMP Bontoharu Rute Tondasi-Sikeli-Bira Belum Beroperasi

Kepala Dinas Perhubungan Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra, Laode Hanafi
Laode Hanafi

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Kapal Ro-ro KMP Bontoharu yang melayani rute Tondasi (Muna Barat), Sikeli (Kabaena), dan Bira (Sulawesi Selatan) untuk sementara belum dapat beroperasi karena cuaca buruk. Kapal itu juga masih dalam perbaikan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Muna, La Ode Hanafi mengatakan ada pertimbangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Hal itu sesuai dengan surat dari Genderal Manajer (GM) PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Selayar di Bira, bahwa ada gelombang tinggi dan angin kencang.

iklan zonasultra

“Jadi untuk sementara pengoperasian KMP Bontoharu ini dihentikan sementara. Sebab, berdasarkan BMKG akan ada gelombang tinggi mencapai 2 sampai 3 meter, disertai angin kencang bulan Januari 2019 ini,” kata La Ode Hanafi dikantornya, Senin (14/1/2019).

Selain itu, KMP Bontoharu masih dalam perbaikan dan diperkirakan selesai diperbaiki pada akhir bulan Januari 2019. Lanjut dia, pihak PT ASDP akan melayani kembali setelah kapal selesai diperbaiki dan jadwal penyeberangan akan kembali seperti semula.

(Baca Juga : Warga Kabaena Antusias Sambut Beroperasinya KMP Bontoharu)

“Kita juga belum tahu pasti kapan akan beroperasi kembali KMP Bontoharu ini. Tetapi kita juga selalu akan melakukan komunikasi dengan pihak PT ASDP Selayar dan kalau sudah ada informasi kita akan secepatnga menyampaikan kepada masyarakat dan jasa transportasi ekspedisi,” tuturnya.

Dishub Muna Barat juga sudah menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat dan pengusaha jasa transportasi ekspedisi, bahwa pelayanan jasa penyeberangan KMP Bontoharu rute Tondasi-Sikeli-Bira untuk sementara tidak beroperasi. Penyampaian itu berdasarkan surat edaran dari PT ASDP Selayar dengan nomor : OP.001/3/7/ASDP.SLY-2018. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib