iklan zonasultra

KMP Bontoharu Rute Tondasi-Sikeli-Bira Kembali Beroperasi

La Ode Hanafi
La Ode Hanafi

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Kapal Motor Penumpang (KMP) Bontoharu yang melayani rute Tondasi Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan Pelabuhan Sikeli di Kabaena, Bombana dan Bira, Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah kembali beroperasi sejak 6 Maret 2019. KMP Bontoharu sempat tidak beroperasi karena cuaca buruk.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mubar La Ode Hanafi mengatakan, awal Maret ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mempertimbangan feri tersebut sudah dapat berlayar lagi.

Hanafi mengaku bersyukur dengan beroperasinya kembali feri tersebut, apalagi akan ada penambahan trayek, dari Bira-Sikeli-Tondasi, sekarang bertambah menjadi Bira-Sikeli-Kasipute-Tondasi.

iklan zonasultra

“Jadi rute penyeberangan feri ini bertambah dan sudah masuk di Kasipute. Alhamdulillah, Pemda Bombana sangat mengapresiasi penambahan rute tersebut,” kata Hanafi ditemui di kantor bupati Mubar, Selasa (19/3/2019).

KMP Bontoharu Rute Tondasi-Sikeli-Bira Kembali Beroperasi

Jadwal keberangkatan KMP Bontoharu masih tetap seperti biasanya. Dari pelabuhan feri Bira-Sikeli pada hari Rabu, berangkat dari Bira pukul 20.00 Wita dan tiba di Sikeli pukul 07.00 Wita keesokan harinya, kemudian dari Sikeli berangkat pukul 08.00 Wita dan tiba di Kasipute pukul 14.30 Wita, dari Kasipute berangkat pukul 15.30 Wita dan tiba di Tondasi pukul 18.30 Wita.

“Kalau trip dari Tondasi menuju Kasipute itu berangkat hari Sabtu pukul 09.00 Wita dan tibanya pukul 11.00. Kemudian dari Kasipute ke Sikeli, berangkat pukul 12.00 dan tibanya pukul 19.00. Selanjutnya, dari Sikeli menuju Bira, berangkat pukul 20.00 dan tiba di Bira Minggu pukul 08.00 Wita,” jelasnya.

Dia menambahkan, selain membuka penyeberangan lintas provinsi, ke depan pihaknya akan bekerja sama dengan pihak ASDP Baubau untuk membuka penyeberangan lintas kabupaten yang baru, yakni dari Kasipute-Tondasi. Minimal nantinya dapat beroperasi satu atau dua kali trip dalam satu hari.

“Apabila nanti itu sudah jalan, pelabuhan penyeberangan fery Tondasi sudah mulai hidup kembali setiap hari seperti Feri Torobulu-Tampo. Dan sekarang ini, pihak ASDP Baubau sudah merespon permintaan kita dan tinggal mencarikan kapal feri yang dibutuhkan,” kata Hanafi. (b)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib